BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

EURO ke-3 The Green Army

17-11-2015 07:42 |

Republik Irlandia (c) AFP Republik Irlandia (c) AFP

Bola.netBola.net - Republik Irlandia memastikan diri lolos ke putaran utama EURO 2016 dengan menyingkirkan Bosnia-Herzegovina di babak playoff. The Green Army menang 2-0 di kandang sendiri pada leg kedua dan unggul agregat 3-1, Selasa (17/11).


Bermodal hasil imbang 1-1 di markas Bosnia pada leg pertama, Irlandia bermain spartan di hadapan para pendukungnya sendiri. Dua gol disarangkan oleh Jonathan Walters lewat penalti menit 24 dan finishing kaki kanan menit 70. Irlandia pun lolos ke EURO ketiga mereka.


Irlandia pertama kali berpartisipasi di putaran utama EURO adalah pada edisi 1988 di Jerman Barat. Setelah itu, Irlandia harus menunggu sampai 2012 untuk tampil di kejuaraan Eropa. Kandaskan Bosnia di playoff, Irlandia pun lolos secara beruntun untuk kali pertama sepanjang sejarah mereka.

Di dua partisipasi sebelumnya, Irlandia mengalami nasib yang sama. Mereka selalu kandas di fase grup. Di Jerman Barat 1988, Irlandia kalah bersaing dengan Uni Soviet dan Belanda. Di Polandia-Ukraina 2012, Irlandia finis sebagai juru kunci di grup yang dihuni Spanyol, Italia dan Kroasia.

Dua tim sudah lolos ke putaran utama EURO 2016 dari jalur playoff. Selain Irlandia, tim satunya adalah Hungaria.

 

KOMENTAR