Euro 2020: Wojciech Szczesny Tambah Rekor Buruk Pemain Juventus

Yaumil Azis | 15 Juni 2021, 06:08
Kiper Timnas Polandia dan Juventus. Wojciech Szczesny. (c) AP Photo

Bola.net - Wojciech Szczesny menyusul dua pemain Juventus lainnya dalam daftar pencetak gol bunuh diri tercepat dalam sejarah bergulirnya Euro. Gol bunuh diri tersebut juga membuat Polandia bertekuk lutut di hadapan Slovakia.


Szczesny dipercaya sebagai pengawal gawang ketika Polandia berhadapan dengan Slovakia dalam laga pekan pertama fase grup Euro 2020 hari Senin (14/6/2021) kemarin. Namun, gawangnya bobol pada menit ke-18 dan membuat Polandia tertinggal.

Gol tersebut tak bisa lepas dari aksi winger Slovakia, Robert Mak. Pemian yang sekarang memperkuat Ferencvaros di level klub itu melakukan aksi solo cemerlang dan membuat lini pertahanan Polandia ketar-ketir.

Setelah berhasil menembus pertahanan Polandia, yang dilakukan Mak berikutnya adalah melepaskan tembakan dari sudut sempit. Bola mengenai tiang, memantul dan mengenai tubuh Szczesny sebelum akhirnya melewati garis gawang.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Proses Terjadinya Gol Bunuh Diri

Pasca gol bunuh diri tercipta, Polandia sejatinya mampu mengubah skor menjadi 1-1 berkat gol dari Karol Linetty pada menit ke-46. Namun Dewi Fortuna memilih berpihak pada Slovakia di tengah-tengah berlangsungnya babak kedua.

Tepatnya di menit ke-62, Polandia harus bermain dengan 10 orang setelah Grzegorz Krychowiak mendapatkan kartu merah dari wasit yang memimpin permainan. Enam menit berselang, Sloviakia mencetak gol penentu kemenangan dari aksi Milan Skriniar.

Hasil tersebut membuat Polandia duduk di posisi terbawah Grup E tanpa memiliki poin. Namun posisi mereka masih bisa berubah kalau salah satu dari Spanyol atau Swedia yang bertanding pada Selasa (15/6/2021) dinihari kalah dengan margin skor dua gol atau lebih.

Terlepas dari itu, Szczesny membuat noda pada pertandingan pertamanya di pentas Euro 2020. Sekaligus juga membuat noda yang selama ini menempel kepada klubnya, Juventus, menjadi semakin pekat.

2 dari 2 halaman

Noda Juventus di Euro

Squawka mencatat lima pemain yang mencatatkan gol bunuh diri tercepat dalam sejarah Euro. Tiga di antaranya, termasuk Szczesny tentu saja, merupakan pemain Juventus.

Gol bunuh diri Szczesny bahkan lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya yang merupakan mantan penggawa Bianconeri, Igor Tudor. Tudor mengantongi gol bunuh diri di menit ke-22 pada pagelaran Euro 2004 lalu.

Peringkat ketiga diisi oleh pemain Inggris, Glen Johnson, yang melakukan gol bunuh diri di menit ke-49 pada tahun 2012. Dejan Govedarica di peringkat ketiga dengan gol bunuh diri di menit ke-51 pada tahun 2000.

Terakhir adalah bek Juventus yang menjadi rekan setim Szczesny saat ini, Merih Demiral. Ia membuat gol bunuh diri saat membela Timnas Turki melawan Italia pada laga pembuka Euro 2020 pekan lalu.

(Squawka)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR