Euro 2020, Mourinho Beber Plus Minus Timnas Italia: Satu Lini Dinilai Melempem

Dimas Ardi Prasetya | 5 Juli 2021, 06:20
Skuat Italia merayakan kemenangan mereka atas Belgia di perempat final Euro 2020, Sabtu (3/7/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih anyar AS Roma Jose Mourinho menilai Timnas Italia memiliki lini belakang dan lini tengah yang solid namun tak demikian dengan pemain di lini serang.


Italia berubah total setelah mereka gagal melaju ke Piala Dunia 2018 lalu. Mereka menjadi tim yang sangat solid di bawah asuhan Roberto Mancini.

Italia tampil galak di babak kualifikasi. Mereka kemudian melanjutkan penampilan solidnya di putaran final Euro 2020 ini.

Italia menyapu bersih semua laga di fase grup. Kemudian di babak 16 besar dan perempat final, mereka secara beruntun menundukkan Austria dan Belgia.

1 dari 3 halaman

Lini Belakang dan Tengah Solid

Jose Mourinho mengatakan Timnas Italia bisa solid karena mereka memiliki kombinasi pemain senior dan muda yang tepat. Di belakang contohnya, mereka punya bek tengah berpengalaman seperti Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

“Mereka tidak hanya tampil dengan baik selama Euro. Mereka tampil dengan baik bahkan sebelumnya," cetusnya seperti dilansir Football Italia.

"Perpaduan dalam tim sempurna, mereka memiliki pengetahuan, mereka bertahan dengan sangat baik. Bonucci dan Chiellini bisa bermain dengan mata buta, mereka telah bermain bersama selama bertahun-tahun," pujinya.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Besar

Di lini belakang ada satu nama yang mencuri perhatian. Ia adalah bek kiri, Leonardo Spinazzola.

Namun sayangnya Spinazzola kini tak bisa lagi lanjut memperkuat Italia karena mengalami cedera achilles. Menurutnya kehilangan pemain berusia 28 tahun tersebut merupakan sebuah kehilangan besar bagi Timnas Italia.

“Para full-back kuat. Mereka kehilangan Spinazzola, yang sangat merugikan bagi mereka, bayangkan bagi saya. Saya tidak akan memilikinya selama sekitar enam bulan,” ujarnya.

“Italia telah kehilangan pemain yang sangat penting bagi mereka. Emerson bermain sekarang, ia adalah pemain yang bagus dan berpengalaman, tetapi Spinazzola bermain dengan sangat baik," pujinya.

3 dari 3 halaman

Tengah Oke, Depan Melempem

Jose Mourinho menambahkan, lini tengah Italia juga sama solidnya dengan lini belakang. Mereka punya banyak pemain hebat di posisi tersebut.

Jorginho memberikan stabilitas yang luar biasa. Barella, Verratti, Locatelli, ada begitu banyak bakat di sana," pujinya.

Namun tidak demikian dengan di lini serang. Menurut Mourinho, lini ini cukup melempem. Namun untungnya hal ini bisa ditutupi dengan gol yang muncul dari pemain di lini lainnya.

"Dalam serangan, Immobile dan Belotti mereka tidak tampil gacor, mereka tidak mencetak gol. Gol datang dari posisi yang berbeda. Insigne, Chiesa…mereka punya banyak dan semangatnya sangat bagus," pujinya lagi.

Timnas Italia saat ini tengah bersiap untuk menghadapi babak semifinal Euro 2020 menghadapi Spanyol. Sementara itu Jose Mourinho sendiri baru saja mendarat di Roma dan menjalani masa isolasi sebelum mulai melatih AS Roma.

(Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR