Euro 2020: Giorgio Chiellini Lewati Rekor Paolo Maldini dan Alessandro Del Piero

Yaumil Azis | 17 Juni 2021, 05:24
Pemain Timnas Italia, Giorgio Chiellini. (c) AP Photo

Bola.net - Giorgio Chiellini tampil sejak awal di jantung pertahanan Italia dalam laga kedua fase grup Euro 2020 kontra Swiss hari Kamis (17/6/2021). Ia turut mengantarkan Gli Azzurri menang dengan skor telak 3-0.


Sebagai informasi, dua dari tiga gol Italia dikantongi Manuel Locatelli pada masing-masing babak. Sementara yang terakhir dibukukan sang penyerang, Ciro Immobile, jelang pertandingan usai.

Berkat kemenangan tersebut, Italia bisa bertengger di puncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin. Tiga poin lainnya mereka dapatkan usai mengalahkan Turki pada laga pembuka akhir pekan lalu juga dengan skor telak 3-0.

Dengan demikian, Italia dipastikan sebagai negara pertama yang lolos ke babak 16 besar. Mereka bakalan menghadapi runner-up Grup C di fase gugur tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Lampaui Rekor Legenda

Pertandingan ini terasa bermakna buat Chiellini. Penggawa veteran Juventus tersebut tidak hanya meraih kemenangan saja, tapi juga mencatatkan rekor pribadi yang luar biasa.

Perlu diketahui bahwa ini adalah penampilan ke-14 Chiellini dalam ajang Euro. Torehan tersebut telah melampui legenda-legenda Italia lainnya seperti Antonio Cassano, Alessandro Del Piero, hingga Paolo Maldini.

Ia menjadi pemain outfield pertama yang mampu membukukan torehan tersebut. Dan bisa jadi, torehan trio di atas bakalan disalip oleh tandem Chiellini di jantung pertahanan, Leonardo Bonucci, ketika Italia bertemu Wales akhir pekan ini.

Chiellini juga berpeluang menjadi pemain dengan catatan penampilan terbanyak buat Italia di ajang Euro selama tidak mengalami cedera. Saat ini rekor tersebut masih dipegang kiper legendaris, Gianluigi Buffon.

2 dari 2 halaman

Chiellini Alami Cedera

Sayangnya, Chiellini tidak bisa bermain penuh pada laga kali ini. Ia harus ditarik keluar untuk digantikan oleh Francesco Acerbi ketika pertandingan baru berjalan selama 24 menit lantaran mengalami cedera.

Cedera tersebut didapatkan selang lima menit setelah golnya dianulir oleh wasit. Chiellini berhasil menyarangkan bola ke gawang Swiss pada menit ke-19, namun tidak disahkan oleh wasit lantaran dianggap handsball sebelum gol terjadi.

Dilansir dari Football Italia, Chiellini mengalami gangguan pada fleksornya sehingga harus ditarik keluar lapangan. Belum diketahui secara pasti apakah dirinya bakalan tampil kala Gli Azzurri menghadapi Wales di laga terakhir fase grup.

(Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR