Euro 2020: Belanda Kini Punya Banyak Opsi di Lini Depan

Asad Arifin | 22 Juni 2021, 09:47
Penyerang Belanda, Memphis Depay (kanan) merayakan golnya ke gawang Makedonia Utara bersama Matthijs De Ligt (kiri) di laga terakhir Grup C hari Senin (21/6/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Belanda tidak mengalami kesulitan berarti di fase grup Euro 2020. Lini depan Belanda patut mendapat pujian karena mampu mencetak delapan gol dari tiga laga di fase grup.


Belanda menutup perjalanan di Grup C Euro 2020 dengan hasil sempurna. Pada matchday ketiga, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB, Belanda menang atas Makedonia Utara. Sebelumnya, Belanda juga menang atas Ukraina dan Austria.

Belanda menjadi juara Grup C dengan sembilan poin. Der Oranje mencetak delapan gol dan kebobolan dua gol. Belanda menjadi satu dari enam tim yang sejauh ini sudah lolos babak 16 Besar Euro 2020.

1 dari 2 halaman

Banyak Pilihan di Lini Depan

Frank de Boer dipastikan pusing pada babak 16 Besar. Sebab, dia kini punya banyak opsi untuk mengisi lini depan Belanda. Duet Donyell Malen dan Memphis Depay tampil sangat padu di laga kontra Makedonia Utara.

"Saya tahu bahwa mereka bisa bermain bersama dengan sangat baik. Mereka memiliki dinamika yang hebat di antara mereka," kata Frank de Boer.

Sebelumnya, De Boer memainkan Memphis Depay dan Wout Weghorst di lini depan. Duet ini tampil pada dua laga perdana Belanda di fase grup. Weghorst tampil cukup bagus dan mencetak satu gol ke gawang Ukraina.

"Wout tidak melakukan kesalahan. Sebagai pelatih saya harus melihat apa yang saya butuhkan untuk laga berikutnya, setelah kami menemukan lawan kami, kami dapat memikirkan pemain yang akan bermain," kata De Boer.

2 dari 2 halaman

Wijnaldum Tak Tergantikan

Frank de Boer memakai formasi 3-4-1-2 di Euro 2020. De Boer terus melakukan rotasi untuk duet penyerang Belanda. Namun, rotasi tidak berlaku untuk peran satu pemain di belakang penyerang. Peran itu mutlak menjadi milik Gini Wijnaldum.

Wijnaldum sendiri tampil bagus untuk Belanda. Sang kapten sudah mencetak tiga gol di fase grup dan masuk jajaran top skor sementara Euro 2020.

Wijnaldum kini mencetak gol sama banyaknya dengan dua penyerang top yakni Cristiano Ronaldo dan Patrick Schick. Mereka bertiga memimpin perebutan gelar top skor Euro 2020 dengan tiga gol.

Sumber: UEFA

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR