Dipuncaki Portugal, Ini Sepuluh Tim dengan Kualitas Peluang Tertinggi pada Matchday Pertama Euro 2020

Serafin Unus Pasi | 16 Juni 2021, 19:27
Skuad Portugal merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Israel, uji coba jelang Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Matchday pertama Euro 2020 telah tuntas. Dua belas laga di enam grup telah selesai digelar.


Gelaran matchday pertama berlangsung sengit. Hal ini bisa dilihat salah satunya dari 28 gol yang tercipta sepanjang matchday pertama gelaran ini. Artinya, rata-rata, dalam tiap pertandingan, ada 2,33 gol tercipta.

Gol-gol ini tercipta dari peluang-peluang yang tercipta dari peluang-peluang yang diciptakan para kontestan. Total, menurut data diolah dari Infogol, nilai expected goals (xG) seluruh tim pada matchday pertama mencapai 32,54. Rata-rata, tiap tim memiliki nilai xG 1,53.

Namun, ada sejumlah tim yang memiliki nilai xG lebih tinggi dibanding tim-tim lain. Ini artinya, tim-tim tersebut sukses memiliki peluang mencetak gol lebih berkualitas dibanding tim lain.

Tim-tim mana sajakah yang sukses mencetak nilai xG tinggi ini? Berikut sepuluh di antaranya.

1 dari 10 halaman

Portugal

Skuat Portugal merayakan gol Raphael Guerreiro ke gawang Hungaria di matchday 1 Grup F Euro 2020 di Puskas Arena, Selasa (15/06/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Portugal merupakan tim yang paling berkualitas urusan menciptakan peluang dalam matchday pertama Euro 2020. Selecao -dalam catatan Infogol- memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 3,28.

Nilai xG 3,28 ini merupakan akumulasi dari sebelas peluang yang dimiliki Portugal pada laga kontra Hungaria. Rata-rata, peluang-peluang Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memiliki nilai xG sebesar 0,298.

2 dari 10 halaman

Swiss

Timnas Swiss di Euro 2020 (c) AP Photo

Soal kualitas peluang yang diciptakan pada matchday pertama Euro 2020, Swiss berada di peringkat kedua. Infogol mencatat bahwa Swiss memiliki nilai xG sebesar 2,6.

Nilai xG 2,6 ini merupakan akumulasi dari 18 peluang yang dimiliki Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan pada laga kontra Wales. Rata-rata, peluang Wales pada laga tersebut memiliki nilai xG sebesar 0,144.

3 dari 10 halaman

Spanyol

Timnas Spanyol (c) AP Photo

Spanyol berada di peringkat ketiga dalam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020. La Furia Roja -dalam catatan Infogol- memiliki nilai xG sebesar 2,57.

Nilai xG 2,57 ini merupakan akumulasi dari 17 peluang yang mereka miliki kala menghadapi Swedia. Rata-rata, peluang Marcos Llorente dan kawan-kawan pada laga tersebut memiliki nilai xG sebesar 0,1511.

4 dari 10 halaman

Austria

Timnas Austria di Euro 2020 (c) AP Photo

Posisi empat dalam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020 ditempati oleh Austria. Sesuai catatan Infogol, Austria memiliki nilai xG sebesar 2,5.

Nilai xG 2,5 tersebut merupakan akumulasi dari 10 peluang yang mereka cetak pada laga kontra Makedonia Utara. Rata-rata, peluang David Alaba dan kawan-kawan pada laga ini memiliki nilai xG sebesar 0,25.

5 dari 10 halaman

Skotlandia

Timnas Skotlandia (c) AP Photo

Skotlandia menempati peringkat kelima dalam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020. Infogol mencatat bahwa Skotlandia memiliki nilai xG 2,23 pada laga matchday pertama mereka.

Nilai xG 2,23 tersebut, merupakan akumulasi dari 19 peluang yang dimiliki Skotlandia pada laga kontra Republik Ceko. Rata-rata, pada laga ini, para penggawa Skotlandia memiliki nilai xG sebesar 0,12.

6 dari 10 halaman

Denmark

Timnas Denmark di Euro 2020 (c) Pool via AP

Posisi enam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020 ditempati oleh Denmark. Tim Dinamit -menurut catatan Infogol- tercatat memiliki nilai xG sebesar 2,1 pada laga matchday pertama mereka.

Nilai xG sebesar 2,1 ini merupakan akumulasi dari 22 peluang yang dimiliki Simon Kjaer dan kawan-kawan. Rata-rata, kala menghadapi Finlandia, peluang Denmark memiliki nilai xG sebesar 0,09.

7 dari 10 halaman

Belanda

Timnas Belanda di Euro 2020 (c) AP Photo

Belanda menempati posisi tujuh dalam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020. De Oranje -sesuai catatan Infogol- memiliki nilai xG sebesar 2,1.

Nilai xG sebesar 2,1 ini merupakan akumulasi dari 15 peluang yang didapat Memphis Depay dan kawan-kawan pada laga kontra Ukraina. Rata-rata, para penggawa De Oranje memiliki peluang sebesar 0,114 pada laga tersebut.

8 dari 10 halaman

Italia

Pemain timnas Italia merayakan kemenangan atas Turki pada laga Grup A Euro 2020 (c) AP Photo

Peringkat kedelapan dalam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020 ditempati Italia. Gli Azzurri -sesuai catatan Infogol- mencatatkan nilai xG sebesar 2,0 pada matchday pertama mereka.

Nilai xG sebesar 2,0 ini merupakan akumulasi dari 24 peluang yang mereka dapatkan pada laga kontra Turki. Dalam pertandingan tersebut, rata-rata para penggawa Gli Azzurri mencatatkan peluang dengan nilai xG sebesar 0,1511.

9 dari 10 halaman

Polandia

Polandia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) MTI via AP

Polandia menempati posisi sembilan dalam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020. Menurut laman Infogol, Polandia mencatatkan nilai xG sebesar 1,78 pada matchday pertama mereka.

Nilai xG sebesar 1,78 tersebut merupakan akumulasi dari 17 peluang Robert Lewandowski dan kawan-kawan pada laga kontra Slovakia. Dalam laga tersebut, rata-rata, penggawa polandia mencatatkan peluang bernilai xG 0,1.

10 dari 10 halaman

Belgia

Timnas Belgia di Euro 2020 (c) AP Photo

Posisi sepuluh dalam daftar sepuluh tim dengan kualitas peluang tertinggi pada matchday pertama Euro 2020 ditempati oleh Belgia. Laman Infogol menyebut bahwa Belgia mencatatkan nilai xG sebesar 1,6 pada matchday pertama mereka.

Nilai xG sebesar 1,6 ini merupakan akumulasi dari sembilan peluang yang dimiliki Romelu Lukaku dan kawan-kawan pada laga kontra Rusia. Dalam pertandingan tersebut, rata-rata peluang yang diciptakan para penggawa Belgia memiliki nilai xG sebesar 0,17.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR