Didominasi Pemain Jerman, Ini Daftar Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Gelaran Euro

Serafin Unus Pasi | 11 Juni 2021, 18:33
Skuat Jerman rayakan golnya ke gawang San Marino. (c) DFB

Bola.net - Tinggal dalam hitungan jam, Euro 2020 bakal digelar. Sebelas kota dari sebelas negara akan menjadi palagan bagi turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa tersebut.


Gelaran ini bakal menjadi yang ke-16 bagi turnamen yang pertama kali digelar pada 1960 tersebut.

Ratusan pemain pernah ambil bagian dalam turnamen ini. Tak hanya pemain yang sedang masa keemasan, ajang ini juga menjadi ajang bagi sejumlah pemain muda untuk menunjukkan kemampuan mereka. Ada beberapa di antara pemain muda tersebut yang sukses mencatatkan nama mereka sebagai bagian dari tim juara.

International Football Federation of History and Statistics (IFFHS) mencatat ada sembilan pemain muda yang sempat membawa timnya meraih gelar juara di ajang Piala Eropa. Jerman menjadi tim nasional yang paling banyak menempatkan wakil mereka pada daftar ini. Ada enam pemain Jerman dalam daftar pemain-pemain termuda yang sukses meraih gelar juara Piala Eropa.

Siapa saja para pemain termuda yang sukses meraih gelar juara Piala Eropa? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 9 halaman

Paul Breitner

Peringkat kesembilan dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa ditempati Paul Breitner. Penggawa Jerman ini sukses membantu timnya meraih gelar juara pada ajang Euro 1972 pada usia 20 tahun dan 287 hari.

Pada ajang Euro 1972, Breitner -yang bermain di bek kiri ini- sempat tampil dua kali, masing-masing di semifinal dan final.

2 dari 9 halaman

Bernd Schuster

Bernd Schuster di Euro 1980 (c) Ist

Schuster menempati posisi delapan dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa. Penggawa Timnas Jerman ini sukses membawa Der Panzer meraih gelar juara Euro 1980 pada usia 20 tahun dan 183 hari.

Pada gelaran Euro 1980, Schuster -yang berposisi sebagai gelandang- sempat dua kali dimainkan, masing-masing di fase grup dan final. Pada dua laga tersebut, Schuster masing-masing mencetak satu assist.

3 dari 9 halaman

Uli Hoeness

Uli Hoeness (c) Bayern Munchen

Peringkat ketujuh dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa ditempati Uli Hoeness. Penggawa Timnas Jerman ini berhasil membawa Tim Panser menjuarai Euro 1972 pada usia 20 tahun dan 165 hari.

Pada gelaran Euro 1972, Hoeness -yang berposisi sebagai sayap kanan sempat bermain dua kali, masing-masing di semifinal dan final.

4 dari 9 halaman

Gallego

Pemain bernama lengkap Francisco Fernández Rodríguez ini menempati posisi enam dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa. Penggawa Timnas Spanyol tersebut menjadi bagian Tim Matador di ajang ini kala berusia 20 tahun dan 109 hari.

Pada gelaran Euro 1964 ini, Gallego tak banyak berperan. Pemain berposisi sebagai pemain bertahan tersebut hanya dua kali berada di bench cadangan Spanyol, pada laga semifinal dan final, tanpa sekali pun mendapat kesempatan bermain.

5 dari 9 halaman

Rainer Bonhof

Rainer Bonhof (c) Ist

Peringkat kelima dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa ditempati oleh Rainer Bonhof. Pemain Timnas Jerman ini membantu timnya meraih gelar juara Euro 1972 kala berusia 20 tahun dan 81 hari.

Sama seperti Gallego, pada gelaran Euro 1972, Bonhof tak banyak berkiprah. Ia hanya dua kali duduk di bangku cadangan selama turnamen tersebut tanpa sekali pun mendapat kesempatan tampil.

6 dari 9 halaman

Pietro Anastasi

Pietro Anastasi (c) Ist

Anastasi menempati posisi empat dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa. Penggawa Timnas Italia ini menjadi salah satu sosok di balik sukses Gli Azzurri menjuarai Euro 1968 pada usia 20 tahun dan 64 hari.

Anastasi sempat sekali duduk di bangku cadangan dan dua kali tampil sebagai starter pada gelaran Euro 1968. Ia pun menjadi salah satu pencetak gol kemenangan Italia dari Yugoslavia di partai final.

7 dari 9 halaman

Eike Immel

Peringkat ketiga dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa ditempati Eike Immel. Penggawa Timnas Jerman ini menjadi salah satu bagian sukses Der Panzer meraih gelar juara Euro 1980 kala usianya masih 19 tahun 208 hari.

Immel sendiri tak banyak mendapat peran dalam gelaran ajang tersebut. Ia hanya sempat empat kali duduk di bangku cadangan, termasuk dalam Final Euro 1980 kontra Belgia.

8 dari 9 halaman

Lothar Matthaus

Lothar Matthaus (c) Eurosport

Matthaus menempati posisi dua dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa. Legenda sepak bola Jerman ini menjadi bagian Der Panzer kala meraih gelar juara Euro 1980. Waktu itu, usia Matthaus baru 19 tahun dan 93 hari.

Sama seperti Immel, Matthaus tak banyak mendapat peluang menunjukkan kemampuannya pada Euro 1980. Ia hanya sempat bermain 17 menit sepanjang gelaran tersebut.

9 dari 9 halaman

Renato Sanches

Renato Sanches (c) AFP

Peringkat pertama dalam daftar sembilan pemain termuda yang meraih gelar juara Piala Eropa ditempati Renato Sanches. Gelandang Timnas Portugal ini sempat menjadi salah satu bagian penting timnya meraih gelar juara Piala Eropa 2016. Waktu membawa Portugal juara, usia Sanches baru 18 tahun dan 328 hari.

Berbeda dengan para pendahulunya, Sanches bukan sekadar pelengkap penderita. Bahkan, bisa dibilang pemain kelahiran 18 Agustus 1997 tersebut menjadi salah satu tulang punggung Portugal pada Euro 2016. Sanches sempat tampil enam kali dan menyumbang satu gol pada ajang tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah, Diolah dari IFFHS, Transfermarkt, Worldfootball)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR