BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bukan Faktor Ronaldo, Ini Kunci Portugal Juara UEFA Nations League

10-06-2019 08:08 | Asad Arifin

Portugal menjuarai UEFA Nations League 2019 usai menumbangkan Belanda 1-0 (c) AP Photo Portugal menjuarai UEFA Nations League 2019 usai menumbangkan Belanda 1-0 (c) AP Photo

Bola.net - Sosok Cristiano Ronaldo memang punya peran penting di balik sukses Portugal jadi juara UEFA Nations League. Namun, pelatih Fernando Santos menyebut bukan itu yang menjadi kunci sukses bagi Portugal.

Portugal menjadi juara UEFA Nations League setelah mengalahkan Belanda di laga final, Senin (10/6) dini hari WIB. Bermain di Do Dragao, Portugal menang dengan skor 1-0 atas Belanda.

Tampil sebagai pahlawan kemenangan Portugal lewat gol tunggalnya adalah Gonacalo Guedes. Pemain asal klub Valencia itu mencetak gol pada menit ke-60 usai menerima umpan dari Bernardo Sillva.

Fernando Santos menyebut ada satu alasan kunci di balik kemenangan Portugal. Hal tersebut adalah sukses para pemain tengahnya mematikan Frenkie De Jong yang menjadi penggerak permainan Belanda.

"De Jong bermain normal d sebelah kiri dan lebih dekat dengan Bruno Fernandes. Martin de Roon bermain lebih dekat dengan William Carvalho," buka Santos seperti dikutip dari Goal International.

"Kami menyadari kualitas gelandang yang dimiliki Belanda dan De Jong. Dia adalah kreator yang hebat dengan potensi yang besar," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Batasi Bola untuk De Jong

Pada laga melawan Inggris di babak semi final, Frenkie De Jong tampil sangat bagus. Dia mampu mendikte permainan. Dan, kondisi itu tidak nampak di laga melawan Portugal. Ruang geraknya sangat terbatas.

Portugal menempatkan tiga gelandang untuk berduel di lini tengah. Selaih Carvalho dan Fernandes, Selecao das Quinas juga memainkan Danilo Pereira. Tiga pemain ini yang membuat De Jong tidak bebas menguasai bola.

"Kami tahu bahwa jika kami membatasi pergerakan bebas De Jong, kami akan punya keunggulan. Instruksi pada pemain saya adalah memainkan bola kapan pun saat mereka menguasainya," ucap Santos.

"Kami juga menyeimbangkan pertahanan dengan mengawasi dengan ketat agar bisa membatas De Jong dan Virgil van Dijk," paparnya.

Gelar UEFA Nations League jadi torehan yang spesial bagi Portugal. Sebab, ini adalah kali pertama turnamen besutan UEFA tersebut digelar. Bagi Santos, itu menjadi gelar kedua kepada Portugal setelah UERO 2016 yang lalu.

Aksi Bocah Indonesia Main Sepak Bola Disorot Bintang AC Milan

KOMENTAR