Arti Julukan dari Kontestan Grup C dan Grup D Euro 2020, Ada De Oranje dan Tiga Singa

Afdholud Dzikry | 2 Juni 2021, 13:07
Pesta Bola Eropa. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Pagelaran Euro 2020 atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut Piala Eropa 2020 tinggal menghitung hari. Setelah tertunda tahun lalu akibat pandemi Covid-19, pada bulan Juni 2021 ini Pesta Bola Eropa siap digelar.


Tim-tim kini sedang bersiap menuju pembukaan Euro 2020 yang berlangsung sepanjang pertengahan Juni sampai Juli. Beberapa grup menyajikan persaingan sengit.

Di antaranya Grup C. Belanda memang terlihat dominan dibandingkan tim lain. Namun tim pendamping Oranje untuk lolos fase berikutnya bakal ramai.

Satu tiket tersebut bakal diperebutkan tiga tim yang di atas kertas punya kekuatan identik: Ukraina, Austria, dan Makedonia. Persaingan tidak kalah menarik juga terjadi di Grup D.

Inggris tim yang diunggulkan mendapat perlawanan sengit dari Kroasia, Republik Ceska, sampai Skotlandia. Utamanya Kroasia yang notabene runner-up Piala Dunia 2018.

Menarik bukan? Yuk sebelum menyaksikan jalannya persaingan di Grup C dan Grup D pada Piala Eropa 2020, kita tengok julukan semua tim dan maknanya. Scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

1 dari 3 halaman

Julukan Kontestan Euro 2021 Grup C

Kontestan Euro 2021 Grup C. (c) bola.com/Adreanus TitusKontestan Euro 2021 Grup C. (c) bola.com/Adreanus Titus

Belanda - Oranje, Clockwork Orange

Oranje atau oranye melambangkan keluarga kerajaan Belanda, House of Orange. Oleh karena itulah, kostum tim juga memiliki warna oranye dan mendapat julukan Oranje. Pada era Timnas Belanda diperkuat Johann Cruyff, tim ini pernah dijuluki Clockwork Orange lantaran punya gaya main tak kenal lelah yang dikenal Total Football.

Ukraina - Synio-Zhovti atau Синьо-жовті (Biru-Kuning)

Biru dan kuning adalah warna bendera negara Ukraina. Terbelah secara horizontal menjadi dua bagian, separuh biru bendera dikatakan mewakili langit, dan separuh kuning, menandakan biji-bijian.

Austria - Das Nationalteam (Tim Nasional), Unsere Burschen (Our Boys)

Dua julukan yang sepertinya tidak perlu diartikan lagi buat Austria yang baru mentas tiga kali pada putaran final Piala Eropa.

Makedonia - Рисови (The Lynxes)

Ada di koin lima Denar Makedonia, Balkan Lynx adalah binatang mamalia spesies asli dan terancam punah di negara ini.

2 dari 3 halaman

Julukan Kontestan Euro 2021 Grup D

Kontestan Euro 2021 Grup D. (c) bola.com/Adreanus TitusKontestan Euro 2021 Grup D. (c) bola.com/Adreanus Titus

Inggris - Three Lions atau Tiga Singa

Lencana Inggris menunjukkan trio singa 'penjaga yang lewat' (berjalan dengan kepala menoleh) yang dikelilingi oleh sepuluh mawar Tudor, yang merupakan lambang heraldik tradisional Inggris. Dikatakan telah dibawa ke pertempuran untuk menyemangati tentara dari pemerintahan Richard the Lionheart di abad ke-12, setiap lengan kerajaan Inggris sejak itu menampilkan lambang tiga singa.

Kroasia - Vatreni (Blazers / Fiery Ones), Kockasti (Kotak-kotak)

Penulis Kroasia Josip Prudeus pertama kali menciptakan istilah 'Vatreni' pada tahun 1996, menulis lirik lagu sepak bola '11 Vatrenih '(11 Fiery Ones). Sementara itu Kockasti mengacu pada kemeja kotak-kotak merah-putih Kroasia, pola tradisional yang mengisi lambang negara.

Republik Ceska – Národní tým (National Team), Naši (Our Boys)

Národní tým merupaan versi singkat Nároďák. Naši atau Our Boys melambangkan ikatan mereka dengan basis penggemar di Ceko.

Skotlandia – The Tartan Army

Tartan adalah pola tradisional Skotlandia. Dalam banyak kombinasi warna, itu digunakan untuk mewakili berbagai suku komponen bangsa.

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.com (Hendry Wibowo; 27/5/2021)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR