Andriy Shevchenko: Ballon d'Or, Top Skor, Perempat Final Piala Dunia dan Euro

Gia Yuda Pradana | 30 Juni 2021, 09:09
Pelatih Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko (c) AP Photo

Bola.net - Andriy Shevchenko memang sangat pantas disebut sebagai legenda Ukraina. Sebagai pemain, dia luar biasa. Sebagai pelatih, di Euro 2020, dia juga telah membuktikan kapasitasnya.


Timnas Ukraina baru saja memastikan diri lolos ke perempat final Euro 2020. Tim besutan Shevchenko mengalahkan Timnas Swedia 2-1 lewat extra time di babak 16 besar, Rabu (30/6/2021).

Main di Hampden Park, Glasgow, Ukraina unggul terlebih dahulu melalui gol Oleksandr Zinchenko menit 27. Swedia bisa membalas lewat gol Emil Forsberg menit 43. Swedia kehabisan tenaga setelah Marcus Danielson dikartu merah di menit 99, dan Artem Dovbyk kemudian mencetak gol di menit 121 untuk meloloskan Ukraina.

Shevchenko membawa Ukraina lolos ke perempat final Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah. Ini adalah sebuah yang prestasi yang luar biasa. Pencapaian-pencapaiannya di dunia sepak bola pun semakin cemerlang.

1 dari 5 halaman

Ballon d'O 2004

Karier sepak bola Shevchenko memang sangat mengesankan. Di segi individu, prestasi tertinggi yang pernah diraihnya adalah Ballon d'Or 2004.

Dia adalah top skor Serie A 2003/04 dengan 24 gol dalam 32 penampilan untuk AC Milan. Musim itu, eks striker Ukraina tersebut juga membantu Rossoneri menjadi juara Italia.

Dari voting Ballon d'Or 2004, Shevchenko keluar sebagai pemenang. Dia mengungguli Deco dan Ronaldinho dari Barcelona.

2 dari 5 halaman

Top Skor Ukraina

Pelatih Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko (c) AP Photo

Hingga kini, Shevchenko juga masih memegang rekor gol terbanyak untuk Timnas Ukraina. Sepanjang kariernya, selama periode 1995-2012, dia mencetak 48 gol dalam 111 penampilan internasional.

Di urutan kedua adalah Andriy Yarmolenko, dengan 42 gol dalam 98 penampilan.

Uniknya, Yarmolenko adalah salah satu pemainnya di Timnas Ukraina yang sekarang. Di Euro 2020, dia telah mencetak dua gol dalam empat penampilan.

3 dari 5 halaman

Kapten Ketika Ukraina Mencapai Perempat Final Piala Dunia Pertama Mereka

Timnas Ukraina besutan Andriy Shevchenko di Euro 2020 (c) AP Photo

Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, Ukraina mencatatkan sebuah sejarah. Tim besutan Oleg Blokhin itu sukses mencapai babak perempat final.

Ukraina lolos dari penyisihan Grup H di belakang Spanyol, unggul atas Arab Saudi dan Tunisia. Ukraina kemudian menyingkirkan Swiss lewat adu penalti di babak 16 besar.

Ukraina lolos ke perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Namun, Ukraina gagal melangkah ke semifinal usai dikandaskan Italia 0-3.

Di Piala Dunia 2006 itu, Shevchenko adalah kapten Ukraina. Dia mencetak dua gol untuk tim nasionalnya.

4 dari 5 halaman

Sebagai Pelatih, Loloskan Ukraina ke Perempat Final Euro

Timnas Ukraina di Euro 2020 (c) AP Photo

Sebelum ini, Ukraina baru ambil bagian di dua edisi Euro, yakni ketika jadi tuan rumah bersama Polandia pada 2012, dan berikutnya di Prancis 2016. Ukraina selalu kandas di fase grup dan gagal melangkah ke babak berikutnya.

Namun, di Euro 2020 ini, dengan Shevchenko sebagai pelatih, Ukraina lolos dari fase grup, lolos dari babak 16 besar, dan mencapai perempat final pertama mereka.

Ukraina jadi tim terakhir yang memastikan diri melangkah ke babak ini. Tujuh tim yang sebelumnya adalah Denmark, Italia, Republik Ceko, Belgia, Spanyol, Swiss, dan Inggris.

Di perempat final, Ukraina akan berhadapan dengan Inggris - yang menyingkirkan Jerman.

5 dari 5 halaman

Perjalanan Ukraina ke Perempat Final Euro 2020

Timnas Ukraina di Euro 2020 (c) AP Photo

Di Grup C, Ukraina kalah 2-3 dari Belanda, menang 2-1 atas tim debutan Makedonia Utara, dan kalah 0-1 dari Austria. Ukraina finis peringkat tiga.

Belanda lolos sebagai juara grup dengan poin sempurna 9, sedangkan Austria menjadi runner-up dengan poin 6. Ukraina mengumpulkan 3 poin, tapi itu cukup untuk meloloskan mereka sebagai satu dari empat tim peringkat terbaik ke 16 besar.

Makedonia Utara, yang dikalahkan Austria 1-3, Ukraina 1-2, dan Belanda 0-3, finis tanpa poin di peringkat terbawah.

Di babak 16 besar, lawan yang dihadapi Ukraina adalah juara Grup E, Swedia. Tim yang jadi juara di grupnya Spanyol dan Polandia itu telah mereka kalahkan 2-1 lewat extra time.

Berikutnya, Ukraina akan menghadapi Inggris di Stadio Olimpico, Roma, Italia. Mampukah Shevchenko membawa Ukraina melangkah lebih jauh lagi, ke semifinal, atau bahkan ke final?

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR