Ada Donnarumma, Maguire, Pedri dan Minus Ronaldo, Ini Team of the Tournamen Euro 2020

Dimas Ardi Prasetya | 13 Juli 2021, 19:53
Opening ceremony final Euro 2020, Wembley Stadium (c) AP Photo

Bola.net - UEFA resmi merilis nama-nama 11 pemain yang masuk dalam Team of the Tournament Euro 2020.


Turnamen Euro 2020 telah berakhir. Setelah sebulan digelar, partai puncaknya dihelat pada Senin (12/07/2021) dini hari kemarin.

Italia bersua Inggris di Stadion Wembley. Azzurri keluar sebagai pemenang berkat adu penalti atas The Three Lions.

Kesuksesan itu berimbas pada terpilihnya lima pemain mereka dalam Team of the Tournamen Euro 2020. Di antaranya adalah Gianluigi Donnarumma, yang sebelumnya juga terpilih sebagai Pemain Terbaik di turnamen tersebut.

Ada juga nama Leonardo Bonucci. Yang cukup mengejutkan adalah masuknya Leonardo Spinazzola yang sebenarnya tak bisa main penuh di turnamen ini karena mengalami cedera lutut.

Lalu ada nama bek Timnas Inggris, Harry Maguire. Demikian juga dengan bintang muda Spanyol, Pedri. Menariknya, di depan tak ada nama Cristiano Ronaldo, yang merupakan top skor dari ajang Euro 2020 ini. Justru yang terpilih adalah bomber Belgia, Romelu Lukaku.

Simak komposisi Team of the Tournament Euro 2020 itu dengan formasi 4-3-3 selengkapnya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 11 halaman

Kiper - Gianluigi Donnarumma

Ekspresi kiper Timnas Italia Gianluigi Donnarumma usai melihat eksekusi penalti striker Timnas Inggris Marcus Rashford gagal di final Euro 2020 di Stadion Wembley, Senin (12/07/2021) dini hari WIB. (c

Gianluigi Donnarumma mencatatkan tiga clean sheet di sepanjang turnamen ini dan kebobolan empat kali saja. Ia juga tercatat melakukan sembilan penyelamatan.

Ia krusial dalam perjalanan Italia jadi juara. Donnarumma yang menahan penalti pemain Spanyol dan Inggris di babak semifinal dan final.

2 dari 11 halaman

Bek Kanan - Kyle Walker

Full-back Timnas Inggris Kyle Walker. (c) AP Photo

Kyle Walker memang tak cukup bagus saat menyerang. Namun jangan tanya kontribusinya saat bertahan.

Ia tak cuma bisa jadi bek kanan, namun juga bisa dimainkan sebagai bek tengah dengan modal kekuatan dan kecepatan yang ia miliki. Selama Euro 2020 ini, ia mencatatkan 40 ball recoveries, empat tekel, dan 16 sapuan.

3 dari 11 halaman

Bek Tengah - Leonardo Bonucci

Bek Timnas Italia, Leonardo Bonucci, merayakan golnya ke gawang Timnas Inggris di final Euro 2020 di Stadion Wembley, Senin (12/07/2021) dini hari WIB. (c) Pool AFP via AP Photo

Pilar penting Italia di lini belakang bersama Giorgio Chiellini. Perannya tak tergantikan.

Ia tak cuma kokoh di belakang namun juga berbahaya saat membantu lini serang, terbukti dengan distribusi bolanya yang ciamik. Selain itu tentu semua orang juga tahu golnya ke gawang Inggris menjadi salah satu kunci kemenangan Italia di final Euro 2020.

Ia bermain terus dalam tujuh pertandingan Italia. Bonucci mencatatkan 26 ball recoveries dan 18 sapuan.

4 dari 11 halaman

Bek Tengah - Harry Maguire

Harry Maguire usai mencetak gol di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo

Kerap dipandang sebelah mata. Namun Harry Maguire membuktikan bahwa ia punya peran penting di lini belakang Timnas Inggris.

Ia yang membantu mengorganisir lini belakang Timnas Inggris. Selama perhelatan Euro ini, ia mencatatkan 34 ball recoveries dan 29 sapuan.

5 dari 11 halaman

Bek Kiri - Leonardo Spinazzola

Bek Timnas Italia, Leonardo Spinazzola (c) AP Photo

Pilar utama Italia di pos bek kiri. Sayangnya ia cuma bisa bermain sebanyak empat kali saja. Sebab ia mengalami cedera lutut saat jumpa Belgia.

Meski cuma main empat kali, ia dua kali jadi Man of the Match, yakni melawan Turki dan Astria. Selama di pentas Euro ini, ia mencatatkan 27 ball recoveries dan empat sapuan.

6 dari 11 halaman

Gelandang Tengah - Pierre-Emile Hojbjerg

Pierre-Emile Hojbjerg, gelandang Denmark (c) AP Photo

Denmark tampil solid di perhelatan Euro 2020 ini. Salah satu kunci permainan mereka adalah Pierre Emile Hojbjerg.

Ia menjadi penyeimbang tim di tengah. Selama turnamen tersebut, ia juga mencatatkan tiga assist, 36 ball recovieries dan tujuh sapuan.

7 dari 11 halaman

Gelandang Tengah - Jorginho

Gelandang Italia, Jorginho (c) La Presse via AP Photo

Jorginho menjadi maestro pengatur tempo serangan Italia. Ia pun selalu dimainkan dalam tujuh laga yang dilalui Azzurri di Euro 2020 ini.

Jorginho mencatatkan 529 percobaan umpan dan 497 tepat sasaran. Ia juga mencatatkan 46 ball recoveries dan 11 tekel.

8 dari 11 halaman

Gelandang Tengah - Pedri

Gelandang Spanyol, Pedri (c) Pool AFP via AP Photo

Usianya masih 18 tahun. Namun ia dipercaya jadi pemain inti skuat Spanyol di Euro 2020 ini dan sukses mengantarkan timnya menembus babak semifinal.

Pedri pun bahkan terpilih sebagai pemain muda terbaik di Euro 2020 ini. Selama Euro, ia mencatatkan 465 umpan dengan akurasi 92 persen.

9 dari 11 halaman

Penyerang Kanan - Federico Chiesa

Bintang Italia, Federico Chiesa merayakan gol ke gawang Spanyol, Rabu (7/7/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo

Awalnya ia sempat jadi cadangan saja. Namun seiring waktu Federico Chiesa mampu meyakinkan Roberto Mancini menjadikannya starter. Ia bahkan ikut main di final.

Penampilannya yang sangat bersemangat dan eksplosif mampu menghidupkan serangan Italia khususnya dari sayap kanan. Selama turnamen ini, ia sempat mencatatkan dua gol dan menjadi Man of the Match saat melawan Wales dan Spanyol.

10 dari 11 halaman

Penyerang Tengah - Romelu Lukaku

Romelu Lukaku membawa bola usai mencetak gol penalti di laga Belgia vs Italia, perempat final Euro 2020 (c) AP Photo

Monster di lini depan Belgia. Lukaku memiliki modal yang nyaris komplit sebagai striker; kuat, gesit, kontrol bola bagus, dan haus gol.

Selama di pentas Euro 2020 ini, ia mencatatkan empat gol dan sempat jadi Man of the Match lawan Rusia. Sayangnya ia hanya bisa membawa timnya melaju sampai perempat final.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR