6 Pelajaran dari Kemenangan Italia: Mancini Istimewa, Ini Tim Bakal Juara!

Richard Andreas | 17 Juni 2021, 07:00
Selebrasi skuad Italia usai kalahkan Swiss, Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Italia berpesta tiga gol ke gawang Swiss (3-0) dalam duel matchday 1 Grup A Euro 2020, Kamis (17/6/2021). Hasil ini mengantar pasukan Roberto Mancini ke babak 16 besar.


Meski skor tampak memuaskan, kemenangan Italia kali ini tidak datang dengan mudah. Swiss memberikan perlawanan tangguh, hanya karena taktik jitu Mancini pertandingan jadi tampak mudah.

Manuel Locatelli memborong dua gol (26', 53') untuk membuka keunggulan Italia dan Ciro Immobile menuntaskannya dengan mencetak gol penutup di menit ke-89.

Meski masih tersisa satu pertandingan, Italia dipastikan lolos ke putaran berikutnya karena selisih poin yang cukup lebar.

Setidaknya ada 6 pelajaran penting yang tersisa dari pertandingan ini. Apa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 6 halaman

Kian matang, kini calon juara

Skuad Italia merayakan gol Manuel Locatelli ke gawang Swiss, Euro 2020 (c) AP Photo

Italia sebenarnya tidak dipandang sebagai calon juara ketika Euro pertama bergulir. Namun, kini setelah dua pertandingan, status itu jelas meningkat.

Permainan Azzurri begitu rapi, bahkan bisa dibilang luar biasa. Saat ini sepak bola yang disuguhkan Italia adalah salah satu yang terbaik di Eropa.

Mereka sangat dominan, ofensif, tapi tahu caranya bertahan dengan baik. Tidak ada lagi tim Italia yang pasif dan menunggu serangan balik.

2 dari 6 halaman

Mancini istimewa

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. (c) AP Photo

Sosok penting di balik kebangkitan Italia, Roberto Mancini. Jelas pengalaman dan gagasan Mancini telah mengembangkan Italia sampai sekuat ini.

Dia mulai mengelola Italia usah mengalami kemunduran hebat. Tiga tahun lalu, Italia gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2018. Kegagalan ini mencoreng nama besar mereka.

Tak lama setelah itu, Mancini ditunjuk sebagai pelatih. Dia membuang gaya lama Italia dan mengembangkan tim yang sekuat sekarang.

3 dari 6 halaman

6 gol dalam 2 laga

Timnas Italia di Euro 2020 (c) Pool Photo via AP

Di laga pertama, Italia menghajar Turki dengan skor telak 3-0. Kini di laga kedua, Jorginho dkk. kembali menang telak dengan skor 3-0.

6 gol dalam dua pertandingan tidak datang dengan tiba-tiba. Ini bukti kekuatan Italia sekarang, serangan dan kecepatan mereka luar biasa.

Menariknya, tugas mencetak gol dibagi rata antara semua pemain. Italia tidak bergantung pada satu atau dua pemain saja.

4 dari 6 halaman

Clean sheet lagi

Pemain Timnas Italia, Giorgio Chiellini. (c) AP Photo

Italia sudah dikenal dengan pertahanan tangguh selama belasan tahun. Tentunya keunggulan ini tidak hilang begitu saja.

Memang benar sekarang gaya main mereka sedikit berubah di bawah Mancini, tapi bukan berarti pertahanan dilupakan begitu saja.

Saat ini Italia masih jadi salah satu tim terbaik dalam menjaga gawang untuk tidak kebobolan. Sudah dua pertandingan mereka Donnarumma dkk. meraih clean sheet.

5 dari 6 halaman

Pertunjukan Locatelli

Gelandang Italia, Manuel Locatelli (c) AP Photo

Meski tidak bergantung pada satu pemain saja, tentunya tetap ada beberapa pemain spesial dalam skuad Italia sekarang. Salah satunya adalah gelandang Sassuolo, Manuel Locatelli.

Keberadaannya dalam tim Italia sempat diragukan, tapi Locatelli membuktikan diri dengan sangat baik. Dia berduet dengan Jorginho dan Barella di lini tengah.

Locatelli adalah gelandang komplet. Dia punya fisik tinggi-besar, bisa bermain cerdas sebagai deep-lying playmaker, tapi juga bisa bergerak cepat ke depan jika dibutuhkan.

Kedua golnya ke gawang Swiss hari ini datang dengan larinya dari lini kedua.

6 dari 6 halaman

Tim pertama lolos

Selebrasi Manuel Locatelli usai mencetak gol, Italia vs Swiss, Euro 2020 (c) AP Photo

Kemenangan atas Swiss sedikit meringankan langkah Italia. Hasil ini dipastikan mengantar mereka ke fase gugur.

Italia jadi tim pertama yang melangkah ke babak 16 besar Euro 2020. Masih ada satu laga sisa, artinya mereka tinggal berjuang mempertahankan status juara grup.

Sumber: Bola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR