5 Tim Kuda Hitam Euro 2020: Polandia Oke Sih!

Richard Andreas | 8 Juni 2021, 17:30
Trofi Euro 2020 (c) uefa

Bola.net - Euro 2020 akan segera bergulir. Sabtu (12/6/2021) mendatang, turnamen empat tahunan negara-negara Eropa ini akan resmi dibuka.


Ada total 24 negara yang terbagi dalam 6 grup (Grup A-Grup F) yang akan bersaing ketat merebut trofi bergengsi. Seperti biasa, ada beberapa negara favorit yang diyakini punya peluang jadi juara.

Nama-nama top seperti Prancis dan Inggris selalu dijagokan. Ada pula kekuatan Portugal sebagai juara bertahan yang punya motivasi ekstra.

Meski begitu, yang menarik dari turnamen top seperti ini bukan hanya tim-tim jagoan juara, melainkan juga tim-tim kuda hitam yang bisa membuat kejutan.

Kira-kira siapa saja negara yang harus diwaspadai? Scroll ke bawah yuk Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Polandia

Polandia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) MTI via AP

Polandia memasuki Euro 2020 dengan senjata striker terbaik di dunia, Rober Lewandowski. Penampilan buruk di Piala Dunia 2018 lalu jadi motivasi ekstra untuk Lewandowski dkk. di Euro 2020 ini.

Meski begitu, kekuatan Polandia bukan hanya pada Lewandowski. Skuad mereka diisi oleh pemain-pemain top di sepak bola Eropa.

Ada Wojciech Szczesny (Juventus) di pos penjaga gawang dan Piotr Zielinski (Napoli) di lini tengah. Di lini serang, Lewandowski juga bakal ditemani Krzysztof Piatek dan Jan Bednarek.

Polandia berada di Grup E bersama Spanyol, Swedia, dan Slovakia. Spanyol mungkin favorit, tapi Polandia harus diwaspadai.

2 dari 5 halaman

Ukraina

Selebrasi skuad Ukraina usai menjebol gawang Prancis, kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. (c) AP Photo

Ukraina sudah lama diabaikan di Eropa. Sejak Andriy Shevchenko pensiun, Ukraina tidak bisa bersaing di level menengah kompetisi Eropa.

Meski begitu, tahun ini Ukraina punya setnuahn berbeda. Mereka punya Roman Yaremchuk, striker milik Gent. Pemain 25 tahun ini terbukti begitu tajam di liga Belgia.

Selain itu, Ukraina juga punya Ruslan Malinovskiy di lini tengah. Gelandang Atalanta ini punya gaya main menarik dan menjadi salah satu pemain terbaik di Serie A musim ini.

Kombinasi Malinovskiy dan Yaremchuk bisa jadi kekuatan terbaik Ukraina.

3 dari 5 halaman

Turki

Pemain Turki merayakan gol yang dicetak Hakan Calhanoglu ke gawang Belanda dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (25/3/2021). (c) AP Photo

Hampir di setiap turnamen, Turki selalu jadi negara yang menarik diwaspada. Dalam tiga turnamen mayor terakhir yang diikuti, Turki berhasil mencapai dua semifinal dan finis sebagai tim peringkat tiga.

Euro 2020 ini akan jadi turnamen mayor keempat Turki. Mereka gagal total di Euro 2016 dan kini punya ambisi ekstra untuk memperbaiki performa.

Turki sekarang punya Burak Yilmaz, striker 35 tahun yang kian matang. Usianya mungki meragukan, tapi musim ini Yilmaz adalah salah satu pemain terpenting yang membantu Lille menjuarai Ligue 1.

Menariknya, kekuatan Turki bukan hanya di depan, melainkan juga di belakang. Mereka hanya kebobolan 3 gol dalam 10 pertandingan kualifikasi Euro kemarin.

4 dari 5 halaman

Rusia

Timnas Rusia (c) AP Photo

Rusia sudah membuat banyak orang terkejut dengan performa apik mereka di Piala Dunia 2018 lalu. Kini, mereka akan mencoba mengulangi permainan apik tersebut.

Rusia yang sekarang punya kualitas pemain appik untuk melaju cukup jauh di turnamen. Dua bintang terbesar mereka adalah Aleksandr Golobin dan Denis Cheryshev.

Rusia tergabung bersama Denmark, Belgia, dan Finlandia di Grup B. Kemungkinan besar mereka akan membidik posisi runner-up grup, artinya harus menang atas Denmark dan Finlandia.

5 dari 5 halaman

Republik Ceko

Timnas Republik Ceko (c) FACR Official

Republik Ceko adalah salah satu tim langganan Euro. Mereka sudah 7 kali berhasil di putaran final Euro, hanya kalah dari Jerman (13) dan Prancis (8).

Kekuatan Ceko kali ini ada di situasi bola mati. 7 dari 13 gol (54%) mereka di babak kualifikasi datang dari skema tendangan bebas. Angka ini cukup besar jika dibandingkan dengan tim lain.

Bola mati tentunya tidak bisa disepelekan di turnamen seperti Euro. Duel tim-tim top bisa jadi ditentukan dengan satu gol saja, mungkin dari tendangan bebas.

Sumber: Bola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR