5 Pemain Kunci Skotlandia untuk Kalahkan Inggris di Euro 2020

Asad Arifin | 18 Juni 2021, 12:22
Timnas Skotlandia di Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Skotlandia akan berjumpa Inggris pada matchday kedua Grup D Euro 2020, Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB. Setelah kalah di laga perdana, Skotlandia harus menang pada duel yang digelar di Wembley tersebut.


Pada laga perdana, Skotlandia kalah dengan skor 2-0 dari Rep. Ceko. Pada laga di Hampden Park itu, anak asuh Steve Clarke itu kalah melalui gol-gol yang dicetak Patrick Schick pada menit ke-42 dan 52.

Skotlandia, di atas kertas, tidak lebih diunggulkan daripada timnas Inggris. Namun, bukan berarti mereka tidak punya peluang untuk menang. Skotlandia punya banyak pemain kunci, mayoritas bermain di Premier League, yang bisa jadi faktor penentu.

Siapa pemain kunci Skotlandia untuk bisa mengalahkan timnas Inggris? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Kieran Tierney

Bek Arsenal, Kieran Tierney. (c) AP Photo

Kieran Tierney tidak cukup bugar dan absen pada laga pertama Skotlandia di Euro 2020. Namun, bek Arsenal itu sudah cukup bugar dan diyakini akan bermain sejak menit awal di laga melawan Inggris.

Tierney tidak akan dimainkan pada posisi wingback kanan. Tierney akan mendapat peran sebagai bek tengah. Tierney punya kemampuan yang bagus. Dia cukup cepat, kuat, dan mampu membaca permainan dengan baik.

Salah satu kelebihan adalah melakukan buil-up dan melepas umpan jauh. Faktor ini bisa jadi kunci bagi Skotlandia jika ingin melakukan serangan balik cepat.

2 dari 5 halaman

Andrew Robertson

Pemain Manchester City, Bernardo Silva (kiri) berduel dengan bek Liverpool, Andrew Robertson (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (7/2/2021). (c) AP Photo

Robertson memainkan peran yang amat vital bagi Skotlandia di laga melawan Ceko. Walau kalah, Robertson tampil bagus. Pemain asal klub Liverpool itu menjadi otak serangan Skotlandia.

Robertson melepas enam kunci di laga melawan Ceko, paling banyak dibanding pemain lain.

Robertson harus mendapat atensi khusus dari para pemain Inggris. Pada skema 3-5-2 yang diracik Steve Clarke, Robertson mendapat lisensi lebih besar untuk menyerang. Dia bisa menjadi ancaman dengan umpan-umpan crosing atau akselerasinya.

3 dari 5 halaman

John McGinn

Gelandang timnas Skotlandia di Euro 2020, John Mcginn (c) AP Photo

John McGinn punya menikmati momen bagus bersama Aston Villa dalam tiga musim terakhir. McGinn punya keseimbangan yang baik antara menyerang dan bertahan. Dia juga bisa mencetak gol atau membuat assist.

McGinn mencetak tiga gol dan lima assist untuk Aston Villa di Premier League musim 2020/2021.

McGinn bisa menjadi lawan yang menjengkelkan bagi Mason Mount sebagai gelandang serang timnas Inggris. McGinn sangat baik dalam duel satu lawan satu. Pengalaman bermain di Premier League bakal jadi sangat menentukan.

4 dari 5 halaman

Scott McTominay

Gelandang timnas Skotlandia di Euro 2020, Scott Mctominay (c) AP Photo

Seperti McGinn, juga beberapa pemain kunci Skotlandia, Scott McTominay juga bermain di Premier League. Gelandang 24 tahun ini sudah bermain untuk Manchester United sejak kecil dan jadi pemain inti dua musim terakhir.

McTominay bisa merepotkan lini tengah Inggris. McTominay punya tenaga yang besar dan kuat dalam duel-duel fisik. McTominay bisa jadi lawan sepadan untuk Declan Rice dan Kalvin Phillips.

Duet McGinn dan McTominay bisa membuat lini tengah Skotlandia sangat solid.

5 dari 5 halaman

Che Adams

Penyerang timnas Skotlandia di Euro 2020, Che Adams (c) AP Photo

Skotlandia gagal mencetak gol di laga melawan Ceko. Namun, bukan berarti lini depan Skotlandia buruk. Skotlandia punya Che Adams yang bisa diandalkan untuk memberi teror bagi lini belakang timnas Inggris.

Che Adams hanya bermain pada babak kedua saat Skotlandia kalah dari Ceko. Pemain 24 tahun itu sangat mungkin jadi pilihan utama pelatih Steve Clarke di laga kontra Inggris.

Adams tahu betul karakter sepak bola Inggris. Sebab, dia sudah bermain di Inggris sejak junior. Dua musim terakhir, Adams bersaing di Premier League dan tampil cukup bagus bersama Southampton. Musim lalu, Adams mencetak sembilan gol di Premier League.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR