5 Pemain Kunci Portugal di Euro 2020: Selain Cristiano Ronaldo, Siapa Lagi Sih?

Ari Prayoga | 5 Juni 2021, 17:12
Skuad Portugal merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Luksemburg, Kualifikasi Piala Dunia 2022. (c) AP Photo
Skuad Portugal merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Luksemburg, Kualifikasi Piala Dunia 2022. (c) AP Photo

Bola.net - Tak seperti edisi-edisi sebelumnya, pada Euro 2020 kali ini Portugal mendapat predikat favorit juara, terutama karena mereka berstatus sebagai sang jawara bertahan.


Selain itu, predikat favorit ini juga disematkan kepada Portugal karena skuad sangat mewah yang mereka miliki. Deretan bintang terhampar di tim asuhan Fernando Santos tersebut.

Bintang utama Portugal tentu saja masih Cristiano Ronaldo. Namun, beberapa pemain lain siap mencuri panggung di Euro 2020 kali ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Pepe

Terlepas dari usianya yang sudah menginjak 38 tahun, kontribusi Pepe masih tak bisa dianggap remeh. Bek berkepala plontos itu masih menjadi andalan Porto dalam beberapa musim terakhir.

Sepanjang musim 2020/21 kemarin, Pepe tercatat tampil sebanyak 40 kali bagi Porto di semua kompetisi. Ia pun berandil membawa timnya melaju hingga perempat final Liga Champions.

Dengan 114 caps yang sudah ia kantongi, Pepe jelas bakal memberikan kontribusi besar berupa pengalaman bagi skuad Portugal di Euro 2020 nanti.

2 dari 6 halaman

Renato Sanches

Ketika Portugal menjuarai Euro 2016 lalu, salah satu bintang baru yang mencuat adalah Renato Sanches. Saat itu Sanches baru berusia 18 tahun, tetapi daya jelajahnya di lapangan tak tertandingi.

Sayang bagi Sanches, kariernya selepas Euro 2016 sempat meredup sejak ia memutuskan untuk menerima pinangan Bayern Munchen, dan kemudian sempat dipinjamkan ke Swansea City.

Hebatnya, Sanches sukses bangkit sejak memperkuat Lille. Musim 2020/21 kemarin, Sanches berandil besar membawa Lille menjuarai Ligue 1 untuk pertama kali sejak satu dekade terakhir.

3 dari 6 halaman

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes mengangkat trofi UEFA Nations League saat memperkuat Timnas Portugal. (c) AP Photo

Tak bisa dipungkiri, bintang paling bersinar Portugal saat ini selain Cristiano Ronaldo adalah Bruno Fernandes. Performa mengkilap yang ia tunjukkan bersama Manchester United menjadi alasannya.

Sepanjang musim 2020/21 kemarin, Fernandes tampil sebanyak 58 kali bagi United dengan menyumbang 28 gol dan 17 assist. Sebuah catatan luar biasa untuk pemain yang berposisi sebagai gelandang serang.

Setelah menjadi salah satu aktor utama kesuksesan Portugal menjuarai ajang UEFA Nations League, Fernandes kini diyakini bakar menjadi bintang di Euro 2020.

4 dari 6 halaman

Andre Silva

Andre Silva sempat bersinar bersama Portugal era selepas Euro 2016 silam. Sayang, performa pemain kelahiran 6 November 1995 itu sempat menurun, terutama ketika memperkuat AC Milan.

Silva secara perlahan sukses menemukan kembali ketajamannya di depan gawang lawan sejak dipinjamkan ke Sevilla dan kemudian ke Eintracht Frankfurt.

Musim 2020/21 kemarin, Silva sukses mencetak 28 gol di Bundesliga. Catatan ini memcahkan rekor pencetak gol terbanyak Frankfurt dalam satu musim.

5 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo, kapten Portugal (c) AP Photo

Dari sekian bintang yang dimiliki Portugal, satu nama yang hingga kini masih bersinar lebih terang dari lainnya adalah Cristiano Ronaldo, meski usianya sudah tidak muda lagi.

Di usia 36 tahun, Ronaldo masih sangat produktif mencetak gol. Musim 2020/21 kemarin, CR7 mencetak 29 gol di Serie A untuk Juventus yang membuatnya meraih gelar capocannoniere.

Selain itu, Ronaldo juga mencetak lebih dari 100 gol bagi Portugal, menjadi nama kedua yang melakukannya setelah Ali Daei. Menarik ditunggu bagaimana kiprah Ronaldo di Euro 2020 kali ini.

6 dari 6 halaman

Kumpulan Pemain Lain

Pemain Portugal, Diogo Jota (c) AP Photo

Selain kelima pemain di atas, masih ada sejumlah nama yang layak dikedepankan menjadi pemain kunci Portugal di pentas Euro 2020 nanti, dimulai dari Rui Patricio di sektor penjaga gawang.

Beralih ke sektor pertahanan, masih ada nama bek senior lainnya, Jose Fonte hingga bek sayap kanan eksplosif Joao Cancelo. Keduanya tampil apik bersama klub masing-masing pada musim 2020/21 kemarin.

Sementara itu, di lini tengah masih ada nama duo Wolverhampton, Joao Moutinho dan Ruben Neves, pemain Manchester City Bernardo Silva, hingga bintang muda yang baru saja sukses mengantar Sporting CP juara, Pedro Goncalves.

Lini depan menjadi kekuatan utama Portugal. Selain Ronaldo dan Andre Silva, masih ada nama-nama seperti Goncalo Guedes, Diogo Jota, hingga pemain belia Joao Felix.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR