5 Pelajaran Euro 2020 Hungaria vs Portugal: Ronaldo Ternyata Juga Manusia Biasa

Aga Deta | 16 Juni 2021, 09:38
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di laga Hungaria vs Portugal, Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Portugal berhasil meraih kemenangan di laga perdananya di Grup F Euro 2020. Mereka menang 3-0 lawan Hungaria, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB.


Portugal sudah menguasai laga sejak menit awal. Namun, Ruben Dias dan kolega kesulitan untuk membongkar lini pertahanan Hungaria.

Portugal baru bisa menciptakan gol di 10 menit akhir pertandingan. Gol pertama dibuka oleh Raphael Guerreiro di menit ke-84.

Setelahnya, Cristiano Ronaldo mampu mencetak dua gol. Gol pertamanya datang dari titik putih di menit ke-87, lalu ditutup dengan gol kedua di menit ke-90+2.

Lantas, apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari duel Hungaria vs Portugal? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Portugal Cetak Sejarah

Kemenangan 3-0 atas Hungaria membuat Portugal mencatatkan sejarah baru. Itu adalah kemenangan terbesar sebagai tim yang berstatus sebagai juara bertahan dalam pertandingan pertama di turnamen.

Portugal menyamai rekor Uni Soviet. Ketika itu Uni Soviet meraih kemenangan 3-0 atas Denmark pada tahun 1964.

Portugal juga menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang mencetak tiga gol dalam 10 menit terakhir pertandingan.

2 dari 5 halaman

4 Rekor Ronaldo

Cristiano Ronaldo sukses mencetak dua gol ke gawang Hungaria. Tambahan dua gol itu membuat Ronaldo mencatatkan rekor baru dalam ajang Euro.

Ronaldo menjadi pemain pertama yang tampil di lima putaran final Euro. Dia juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima gelaran Euro tersebut.

Ronaldo tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di ajang Euro melewati rekor Michel Platini. Ronaldo juga menjadi pemain tertua yang bisa mencetak dua atau lebih gol di Euro, mematahkan rekor milik Andriy Shevchenko.

3 dari 5 halaman

Ronaldo Juga Manusia Biasa

Cristiano Ronaldo biasanya sangat tenang dan tajam di depan gawang lawan. Meski begitu, Ronaldo hanya manusia biasa yang juga bisa gagal mengeksekusi bola yang sangat mudah.

Ronaldo secara mengejutkan melewatkan peluang terbuka di depan gawang pada menit ke-43. Tembakan first time-nya hasil menyambut umpan silang Bruno Fernandes melambung tinggi.

Beruntung, Ronaldo akhirnya mampu menebus kesalahannya tersebut. Bintang Juventus itu mencetak dua gol pada menit ke-87 dan 90+2.

4 dari 5 halaman

Modal Apik Portugal

Portugal meraih tiga poin saat berhadapan dengan tuan rumah Hungaria. Ini menjadi awal bagus bagi pasukan Fernando Santos yang berambisi mempertahankan gelar Euro.

Kemenangan atas Hungaria membuat Portugal untuk sementara waktu menduduki peringkat teratas klasemen Grup F dengan tiga poin. Mereka unggul produktivitas gol dari Prancis yang berada di peringkat kedua

Hasil ini juga menjadi modal apik bagi Portugal untuk lolos dari grup neraka. A Selecao selanjutnya akan menghadapi dua tim berat Jerman dan Prancis.

5 dari 5 halaman

Puskas Arena Full Penonton

Benua Eropa sepertinya sudah mulai berdamai dengan Covid-19. UEFA mempersilakan penonton datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan Euro 2020.

Namun, Puskas Arena menjadi satu-satunya stadion yang memberikan kuota 100 persen bagi para penonton. Tercatat ada 68.000 penonton yang memadati laga Hungaria vs Portugal.

Ini merupakan kali pertama stadion sepak bola bisa terisi penuh penonton sejak Maret 2020. Sebelumnya pertandingan sepak bola harus dimainkan tanpa penonton setelah Covid-19 merebak.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR