3 Kata untuk Timnas Portugal dari Fernando Santos: Kuat, Konsisten, Semangat

Asad Arifin | 24 Juni 2021, 12:13
Timnas Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Portugal mendapat pujian dari sang pelatih, Fernando Santos. Menurut Santos, pada duel lawan timnas Prancis, Portugal bisa digambarkan dalam tiga kata yakni kuat, konsisten, dan semangat.


Portugal berjumpa Prancis pada matchday ketiga Grup F Euro 2020. Pada duel yang digelar di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB, Portugal dan Prancis bermain imbang dengan skor 2-2.

Dua gol Portugal diborong oleh Cristiano Ronaldo. Semuanya dari eksekusi penalti. Sedangkan, gol Prancis diborong mantan tandem Ronaldo ketika bermain di Real Madrid yakni Karim Benzema.

1 dari 3 halaman

Kuat, Konsisten, Semangat

Portugal meladeni Prancis dalam kondisi yang sulit. Sebab, pada duel sebelumnya, Portugal kalah dari Jerman dengan skor 4-2. Akan tetapi, Portugal tampil solid dan membuat Prancis kesulitan dan mendapat satu poin.

"Hal yang sangat saya sukai adalah perilaku kolektif. Ketika saya ditanya apa yang harus kami lakukan, itu berbeda dari laga melawan Jerman dan saya bilang kita harus jadi diri sendiri," buka Santos.

"Kami kuat, konsisten, dengan semangat yang luar biasa. Kami bisa terus berkembang," sambung pelatih 66 tahun.

Santos mengakui bahwa performa Portugal masih banyak cela. Akan tetapi, dia merasa pasukannya sudah tampil optimal. "Di babak kedua kami tidak memulai dengan baik tetapi kami terorganisir lagi," tegas Santos.

2 dari 3 halaman

Fokus ke Belgia

Portugal dipastikan lolos ke babak 16 Besar. Portugal akan berjumpa Belgia. Santos kini meminta anak asuhnya melupakan hasil di fase grup. Portugal harus segera bersiap untuk laga melawan Belgia.

"Sekarang kami harus memikirkan Belgia, yang merupakan lawan tangguh," kata Santos.

"Tapi, mari kita evaluasi dan sadari apa yang harus kami lakukan. Istirahat sangat penting, kami harus pulih agar pemain segar. Mari kita lihat apakah ada perubahan di Belgia, mari kita analisis tim dan bersiap," kata Santos.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR