Zlatan Ibrahimovic: Pemain Bintang yang tak Pernah Cetak Gol di Piala Dunia

Asad Arifin | 18 Agustus 2022, 14:47
Zlatan Ibrahimovic (c) AP Photo
Zlatan Ibrahimovic (c) AP Photo

Bola.net - Ketajaman Zlatan Ibrahimovic sudah tidak diragukan lagi. Baik di level klub maupun timnas Swedia. Namun, Ibrahimovic tidak pernah mencetak gol ketika bermain di Piala Dunia.

Ibrahimovic total mencetak 492 gol di level klub sepanjang karier sepak bolanya. Sementara di level timnas Swedia, Ibra sudah mencetak 62 gol selama 20 tahun terakhir setelah menjalani debutnya di tahun 2001.

Namun di balik banyaknya torehan gol dan prestasi tersimpan satu 'aib' bagi Ibra. Striker setajam Ibrahimovic nyatanya tidak pernah mencetak satu gol pun di ajang Piala Dunia.

Bukannya tidak pernah bermain, namun Ibra selalu gagal selagi ada kesempatan bermain. Bagaimana kisah Ibrahimovic di Piala Dunia? Berikut kisah menariknya.

1 dari 3 halaman

Gagal Cetak Gol di Piala Dunia 2002

Ibra memulai debut Piala Dunia nya bersama timnas Swedia pada Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang. Saat itu Ibra masih berusia 19 tahun dipasang sebagai pelapis Henrik Larsson.

Swedia kala itu berhasil keluar sebagai juara Grup F yang berstatus grup neraka. Di dua laga awal melawan Inggris dan Nigeria, Ibra tidak diturunkan. Di laga melawan Argentina Ibra sempat bermain selama dua menit, namun waktu sedikit itu tidak cukup bagi Ibra untuk mencetak gol.

Di Babak 16 Besar, Ibra kembali dimainkan di menit 76 kala bertemu Senegal. Namun sayang, bermain hingga 120 menit babak perpanjangan Ibra masih gagal untuk mencetak gol.

2 dari 3 halaman

Kembali Gagal di 2006

Striker Swedia, Zlatan Ibrahimovic (kiri) saat lawan Georgia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Striker Swedia, Zlatan Ibrahimovic (kiri) saat lawan Georgia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Empat tahun berselang Ibra kembali menjalani Piala Dunia bersama timnas Swedia. Namun Ibra kembali gagal mencetak gol di Piala Dunia 2006.

Kali ini Ibra punya kesempatan lebih untuk mencetak gol dengan menjadi starter timnas Swedia. Namun dua laga awal yang dijalani Ibra berjalan kurang mulus. Ia gagal mencetak gol saat melawan Trinidad dan Paraguay.

Laga terakhir melawan Inggris, Ibra sama sekali tidak dimainkan. Kesempatan terakhir Ibra muncul saat Babak 16 Besar saat melawan Jerman. Dipasang sebagai starter Ibra kembali gagal mencetak gol pertamanya di Piala Dunia. Alhasil Swedia harus tersingkir akibat kekalahan 2-0 atas Jerman kala itu.

3 dari 3 halaman

Gagal di 2010 dan 2014, Ditinggal di 2018

Swedia vs Italia (c) AFP

Swedia vs Italia (c) AFP

Empat tahun berselang, Ibra bahkan gagal membawa Swedia bertanding di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Kegagalan itu bahkan sempat membuatnya ingin pensiun dari timnas Swedia.

Di tahun 2014, Ibra yang kembali punya kesempatan ke Piala Dunia harus menyerah dari Portugal di Babak Play-off Piala Dunia. Kekalahan itu menjadi kali kedua Ibra gagal bawa Swedia ke Piala Dunia.

Angin segar datang di 2018 bagi timnas Swedia. Saat itu mereka lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia, namun mereka memutuskan untuk tidak mengajak Ibra. Sebab Ibra telah menyatakan pensiun dari timnas Swedia setelah Piala Eropa 2016 silam.

Di tahun 2022, Swedia kembali diperkuat oleh Ibra. Namun sayang, Swedia harus kembali tak merasakan kemewahan Piala Dunia setelah kalah di Babak Play-off.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR