Waka Waka dan Shakira, Cerita Lain dari Piala Dunia 2010

Serafin Unus Pasi | 21 September 2022, 16:44
Penampilan Shakira di Piala Dunia 2010 (c) FIFA
Penampilan Shakira di Piala Dunia 2010 (c) FIFA

Bola.net - Anthem Waka-Waka merupakan lagu resmi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Lagu yang kental dengan unsur Afrika yang begitu kental dinyanyikan dengan sensasional oleh penyanyi asal Kolombia, Shakira.

Piala Dunia 2010 Afrika Selatan di tengah segala isu yang menyelimutinya, tetaplah merupakan edisi Piala Dunia yang patut dikenang. Selain kemunculan vuvuzela, semacam terompet yang kerap dibunyikan para suporter di stadion, dan Jabulani, bola yang dianggap kelewat ringan, Piala Dunia 2010 juga patut diingat karena di dalamnya ada dua hal: Waka Waka dan lahirnya sebuah raja baru.

Meski lagunya cukup booming, namun Waka-Waka sempat menimbulkan kekecewaan karena tak dinyanyikan oleh penyanyi asal Afrika Selatan selaku tuan rumah. Meski begitu, lirik lagu Waka-Waka yang dinyanyikan Shakira, memiliki lirik yang sangat indah dan bermakna dalam.

Lagu ini juga pas untuk mengingat sebuah momen penting di Piala Dunia 2010, yaitu kelahiran raja baru. Timnas Spanyol hadir sebagai juara baru di ajang Piala Dunia usai mengalahkan Timnas Belanda di partai final.

1 dari 3 halaman

Melahirkan Juara Baru

Dalam laga final Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Johannesburg Stadium, baik Spanyol maupun Belanda sudah merasa siap untuk meraih tahta juara tersebut. Keduanya adalah tim yang belum pernah menjadi juara dunia.

Pertandingan begitu alot hingga laga yang berlangsung selama 90 menit berakhir sama kuat dengan skor 0-0, lalu, pertandingan sampai berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Di sini lah, Spanyol mulai menunjukkan kelasnya. Umpan-umpan pendek yang mereka lepas menemukan jalannya.

Pada menit ke-116 berawal dari aksi Fabregas yang jeli melihat pergerakan rekannya, Andres Iniesta yang sedang berdiri bebas, Fabregas langsung memberikan bola pada Iniesta. Setelah menahan bola sebentar, pemain asal Barcelona tersebut langsung melesakkan bola ke gawang Marteen Stekelenburg dengan kaki kanannya. Spanyol unggul 1-0.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tidak berubah dan kemudian, La Furia Roja sukses menjadi raja baru di dunia.

2 dari 3 halaman

Praktik Suap Terjadi

Penyelenggaraan Piala Dunia 2010 bukannya berjalan mulus tanpa hambatan. Ternyata ada aib besar yang mewarnai pesta sepak bola ini.

Pada tahun 2015, The Guardian mengungkap adanya praktek suap di balik penyelenggaraan Piala Dunia 2010. Laporan itu mengklaim bahwa Pemerintah Afrika Selatan memberikan uang 'pelicin' agar negara mereka bisa menyelenggarakan turnamen akbar itu. 

Mantan anggota komite eksekutif FIFA, Chuck Blazer mengakui praktek lancung itu. Ia menyebut bahwa dia dan beberapa anggota komite eksekutif FIFA lain mendapatkan suap untuk memuluskan langkah Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

Hal ini menjadi aib di tengah kegembiraan masyarakat Afrika Selatan yang bersiap menyambut penyelenggaraan Piala Dunia.

3 dari 3 halaman

Lagu Waka-Waka Menjadi Berkah

Shakira pertama kali bertemu dengan bek Barcelona, Gerrard Pique pada tahun 2010 di lokasi syuting video musik "Waka Waka (This Time for Africa)". Lagu tersebut adalah lagu resmi Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan.

Beberapa pemain sepak bola muncul dalam video tersebut, termasuk pemain Spanyol Gerard Piqué. Eks Manchester United itu menarik perhatian Shakira, yang mengaku kala itu bukan penggemar sepak bola. Selang setahun berselang, mereka mengkonfirmasi telah menjalin kasih.

Sayangnya, kini mereka sudah berpisah setelah 12 tahun bersama setelah Pique dikabarkan selingkuh dari penyanyi asal Kolombia tersebut.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR