Van Gaal Anggap Odegaard Seharusnya Tidak Bergabung dengan Real Madrid Saat Remaja

Aga Deta | 17 November 2021, 09:35
Pemain Norwegia, Martin Odegaard (c) AP Photo
Pemain Norwegia, Martin Odegaard (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih timnas Belanda Louis Van Gaal menilai gelandang Arsenal Martin Odegaard seharusnya tidak bergabung dengan Real Madrid saat masih remaja.

Setelah menjadi rebutan klub-klub besar Eropa, Odegaard memilih untuk membela Real Madrid Januari 2015 lalu. Tapi namanya meredup setelah datang ke Spanyol.

Odegaard gagal mendapat tempat di tim utama Los Blancos. Pemain asal Norwegia tersebut akhirnya harus menjalani masa peminjaman di sejumlah klub.

Odegaard sempat dipinjamkan ke Heerenveen, Vitesse, Real Sociedad dan Arsenal. Pemain berusia 22 tahun tersebut kemudian bergabung dengan Arsenal secara permanen pada musim ini.

Van Gaal baru saja mengantarkan Belanda menang 2-0 atas Norwegia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan tersebut digelar di Feyenoord Stadium, Rabu (17/11/2021) dini hari WIB.

1 dari 3 halaman

Odegaard Cocok untuk Belanda

Mantan bos Manchester United itu ditanya oleh TV 2 pemain Norwegia mana yang akan dia ambil untuk tim Belanda selain striker sensasional Borussia Dortmund Erling Haaland.

Van Gaal menjawab: "Saya akan memilih antara Odegaard dan [Gelandang Genk Kristian] Thorstvedt. Odegaard sangat kreatif dan memiliki umpan yang sangat bagus. Dia bisa memainkan bola di mana pun dia mau.

"Ketika pemain menuntut bola dalam posisi yang baik, dia bisa memberikan bola. Dan dia adalah pemain tim. Dia tetap menjadi pemain tim, itu sangat bagus."

2 dari 3 halaman

Seharusnya ke Belanda

Van Gaal percaya Odegaard seharusnya pindah ke Belanda saat remaja. Dia menyebut mantan klubnya Ajax dan AZ Alkmaar sebagai pilihan yang ideal bagi pemain muda.

"Jawabannya sederhana. Ajax akan menjadi pendidikan terbaik," tambah Van Gaal.

"AZ juga merupakan tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi para pemain muda Norwegia."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR