Tiru Cara Jose Mourinho, Inggris Punya Siasat untuk Hentikan Mbappe dan Prancis!

Richard Andreas | 11 Desember 2022, 00:00
Tiru Cara Jose Mourinho, Inggris Punya Siasat untuk Hentikan Mbappe dan Prancis!
Aksi Kylian Mbappe bersama Prancis di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Moises Castill

Bola.net - Ada satu nama pemain yang bakal jadi fokus perhatian pertama di laga Inggris vs Prancis: Kylian Mbappe. Bintang muda Les Bleus itu diyakini bisa jadi penentu hasil akhir.

Minggu (11/12/2022), Inggris akan meladeni Prancis di babak perempat final alias 8 besar Piala Dunia 2022. Pertandingan ini bakal jadi salah satu sajian terbaik antara dua tim sama kuat.

Kedua tim memang sama-sama menyuguhkan permainan impresif sejauh ini. Namun, Prancis mungkin sedikit lebih unggul dari Inggris karena keberadaan pemain bintang seperti Mbappe.

Mbappe bermain luar biasa di Piala Dunia 2022 Qatar. Dia menjadi top skor sementara dengan catatan 5 gol dan terbukti jadi salah satu pemain terbaik sepanjang turnamen.

1 dari 5 halaman

Inggris hentikan Mbappe

Sejauh ini belum ada tim yang bisa menghentikan Mbappe. Lawan-lawan Prancis selalu kelimpungan, khususnya bek kanan lawan yang harus terus mewaspadai pergerakan Mbappe.

Biar begitu, Inggris mungkin punya rencana berbeda. Sang asisten pelatih, Steve Holland, mengungkit cerita inspiratif dari Jose Mourinho beberapa tahun lalu.

"Saya ingat pernah berdiskusi dengan Mourinho beberapa tahun lalu, saat dia masih bekerja di Real Madrid, mereka bermain melawan Barcelona dan masih ada [Cristiano] Ronaldo," ungkap Holland di Sky Sports.

"Saat itu [Dani] Alves jadi bek kanan Barcelona dan dia sering naik ke depan. Mourinho lantas memainkan petarung defensif untuk coba menghentikan dia."

2 dari 5 halaman

Lawan dengan senjata

Taktik defensif untuk mencegah pemain super-ofensif seperti Mbappe memang biasanya jadi opsi pertama. Namun, Holland belajar dari Mourinho yang justru melawan pemain ofensif dengan pemain ofensif lainnya.

"Namun, dengan begitu tim Anda justru tidak bisa memberikan ancaman pada lawan, karena petarung defensif itu hanya bertugas menghentikan lawan, bukan menyerang balik," lanjut Holland.

"Lalu Mourinho mencoba memainkan Ronaldo lawan Alves, satu lawan satu. Alves memang fantastis saat menyerang, tapi mungkin sebagai akibatnya dia tidak begitu bagus secara defensif."

3 dari 5 halaman

Plus-minus

Cerita Holland di atas mengindikasikan bahwa Inggris tidak akan menghabiskan fokus dan tenaga mereka hanya untuk mengehtikan Mbappe. Inggris juga ingin melawan.

"Selalu ada plus-minus. Kami memang harus mengatasi ancamannya [Mbappe], tapi kami juga harus coba mengeksploitasi kelemahan dia," tutupnnya.

4 dari 5 halaman

Hasil pertandingan Inggris di Piala Dunia 2022

Inggris 6-2 Iran
(Jude Bellingham 35', Bukayo Saka 43', 62', Raheem Sterling 45+1, Marcus Rashford 71', Jack Grealish 90'; Mehdi Taremi 65', 90+13 (p))

Inggris 0-0 Amerika Serikat

Wales 0-3 Inggris
(Marcus Rashford 50', 68', Phil Foden 51')

Inggris 3-0 Senegal
(Jordan Henderson 38', Harry Kane 45+3', Bukayo Saka 57')

5 dari 5 halaman

Jadwal Inggris vs Prancis di 8 besar Piala Dunia 2022

Pertandingan: Inggris vs Prancis (16 besar)
Venue: Al Bayt Stadium
Waktu: Minggu, 11 Desember 2022
Kick-off: 02.00 WIB
Live: SCTV, Indosiar, NEX Parabola
Live streaming: Vidio (klik di sini)

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR