Timnas Maroko dan 3 Wakil Afrika yang Pernah Melaju ke Perempat Final Piala Dunia

Gia Yuda Pradana | 7 Desember 2022, 16:08
Timnas Maroko dan 3 Wakil Afrika yang Pernah Melaju ke Perempat Final Piala Dunia
Piala Dunia 2022: Selebrasi para pemain Maroko setelah menang adu penalti atas Spanyol di babak 16 besar (c) AP Photo/Ebrahim Noroozi

Bola.net - Timnas Maroko mencetak sejarah baru dalam keikutsertaannya di Piala Dunia. The Atlas Lions untuk pertama kalinya berhasil lolos ke babak perempat final.

Timnas Maroko mengunci tiket ke babak 8 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Spanyol. Mereka menang 3-0 lewat drama adu penalti.

Timnas Maroko juga mampu melanjutkan kesuksesan tim Afrika di Piala Dunia. Mereka menjadi wakil CAF keempat yang lolos hingga perempat final.

Sebelumnya, baru ada 3 tim yang mampu melangkah jauh pada turnamen 4 tahunan tersebut. Terakhir, Ghana yang berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2010.

Termasuk Timnas Maroko, berikut 4 tim Afrika yang mampu mencapai perempat final Piala Dunia. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Kamerun

Timnas Kamerun menjadi tim Afrika pertama yang berhasil lolos ke babak perempat final. Tepatnya adalah pada Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia.

Penampilan impresif Timnas Kamerun sudah ditunjukkan sejak fase grup. Mereka meraih 2 kemenangan setelah menaklukkan Argentina dan Rumania.

Timnas Kamerun mengalahkan Kolombia di babak 16 besar. Sayangnya, mereka dikalahkan Inggris dengan skor tipis 2-3 di perempat final.

2 dari 4 halaman

Senegal

Pada Piala Dunia 2002, giliran Timnas Senegal yang mampu melaju ke perempat final. Lions of Terangga mengalahkan Swedia di babak 16 besar.

Pada babak perempat final, Timnas Senegal bertemu dengan Turki. Mereka akhirnya gagal ke semifinal setelah kalah tipis 0-1.

Timnas Senegal sebenarnya mendapat lawan yang sulit di fase grup karena bertemu dengan Prancis, Denmark, dan Uruguay. Namun, mereka masih mampu keluar sebagai runner-up.

3 dari 4 halaman

Ghana

Timnas Ghana mengawali perjuangan di Piala Dunia 2010 dari grup D. Mereka harus bersaing dengan Serbia, Australia, dan Jerman.

Black Stars lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up. Setelah itu, mereka mengalahkan Amerika Serikat untuk merebut tiket ke perempat final.

Timnas Ghana kemudian bertemu dengan Uruguay di babak 8 besar. Sayangnya, mereka takluk lewat drama adu penalti.

4 dari 4 halaman

Maroko

Timnas Maroko mengawali Piala Dunia 2022 dengan hasil imbang kontra Kroasia. Setelah itu, mereka menumbangkan Belgia dan Kanada.

The Atlas Lions secara mengejutkan mampu mengalahkan Spanyol pada babak 16 besar. La Furia Roja ditaklukkan lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 3-0.

Akan tetapi, Timnas Maroko akan kembali menghadapi lawan berat di babak perempat final. Mereka akan berduel kontra Portugal akhir pekan ini.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR