Terungkap Alasan Andre Onana Dipulangkan Lebih Cepat dari Kamerun: Masalah Kedisiplinan

Abdi Rafi Akmal | 29 November 2022, 01:20
Terungkap Alasan Andre Onana Dipulangkan Lebih Cepat dari Kamerun: Masalah Kedisiplinan
Aksi Andre Onana saat Kamerun berjumpa Swiss di matchday 1 Grup G Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Kamis (24/11/2022). (c) AP Photo/Petr Josek

Bola.net - Andre Onana yang merupakan kiper utama Kamerun di Piala Dunia 2022 tiba-tiba tidak diikutsertakan saat laga kedua kontra Serbia. Pelatih timnas Kamerun, Rigobert Song menyatakan ada masalah kedisiplinan.

Padahal di laga pertama melawan Swiss, Onana masih bermain. Kiper milik Inter Milan itu tampil baik, meski kemudian kalah 0-1 dari Swiss, Kamis (24/11/2022) sore WIB.

Kiper yang diturunkan untuk menggantikan Onana adalah Devis Epassy. Pemain berusia 29 tahun itu tampil sejak awal saat bermain imbang 3-3 dengan Serbia di Al Janoub Stadium, Senin (28/11/2022) sore WIB.

Song baru bisa memberikan klarifikasinya setelah selesai laga antara Kamerun vs Serbia. Menurutnya, setiap pemain harus punya tanggung jawab dan kedisiplinan saat bergabung dengan tim nasional.

1 dari 4 halaman

Ambil Keputusan Besar

Jika ada satu pemain saja yang berani melanggar aturan itu, Song dengan tegas mengatakan tidak akan pandang bulu. Maka dari itu, membiarkan Onana pulang merupakan keputusan besar yang diambil Song.

“Di dalam skuad, mereka harus punya yang namanya kedisiplinan. Jika mereka tidak bisa membaur dengan rekan-rekannya, maka tanggung jawab mereka untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekitar,” paparnya.

“Terkadang saya harus mengambil keputusan yang besar untuk menolong orang-orang agar bisa mencapai tujuan bersama,” kata dia di laman resmi FIFA.

2 dari 4 halaman

Beresiko

Tanpa Onana, pelapis kiper Kamerun saat ini masih aman. Masih ada sekitar dua penjaga gawang yang sekarang naik statusnya gara-gara Onana tidak ada.

“26 pemain yang ada saat ini dalam posisi siap bermain. Saya memang mengambil resiko, tetapi saya menerima tanggung jawabnya,” ucap Song.

”Andre [Onana] telah ditinggalkan dari skuad karena dia dia harus menghormati aturan yang diterapkan ke semua pemain. Itu adalah sesuatu yang harus terjadi,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Penampilan Onana bersama Kamerun

Aksi Andre Onana saat mengawal gawang Kamerun saat melawan Swiss di Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) (c) AP Photo/Petr Josek

Aksi Andre Onana saat mengawal gawang Kamerun saat melawan Swiss di Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) (c) AP Photo/Petr Josek

Onana menjalani debutnya bersama Timnas Kamerun pada tahun 2016 silam. Tepatnya pada 6 September.Ia diberi kepercayaan oleh pelatih Hugo Broos. saat itu Onana masih berusia 20 tahun.

Onana dimainkan di laga uji coba antara Kamerun melawan Gabon. Ia membantu timnya menang 2-1.

Sekarang ini, Onana sudah mengoleksi total 35 caps bersama Timnas Kamerun. Belum diketahui apakah kiper Inter Milan itu akan kembali dipanggil ke skuad The Indomitable Lions lagi atau tidak setelah ini.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: FIFA Official

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR