Termasuk Kiper Maroko Yassine Bono Bounou, Ini Deretan Kiper yang Tampil Gemilang saat Adu Penalti di Piala Dunia

Aga Deta | 8 Desember 2022, 12:08
Termasuk Kiper Maroko Yassine Bono Bounou, Ini Deretan Kiper yang Tampil Gemilang saat Adu Penalti di Piala Dunia
Kiper Maroko di Piala Dunia 2022, Yassine Bounou (c) AP Photo/Abbie Parr

Bola.net - Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022. Spanyol kalah adu penalti melawan Maroko di babak 16 besar yang berlangsung di Education City Stadium, Qatar, Selasa (6/12/2022) malam WIB berkat aksi impresif Yassine Bounou.

Adu penalti menjadi solusi setelah kedua tim bermain sama kuat tanpa gol hingga babak perpanjangan waktu. Spanyol di atas angin, walau sebenarnya mereka terlihat sedikit frustrasi karena tak mampu mengatasi Maroko selama 120 menit yang melelahkan.

Apa yang terjadi selanjutnya sungguh tak masuk akal. La Furia Roja kalah 0-3. Tiga algojo yang sudah disiapkan Luis Enrique tumpul. Pablo Sarabia, Carlos Soler, dan Sergio Busquets tak mampu menjalankan tugas dengan baik.

Sementara tiga eksekutor Maroko yakni Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech, serta Achraf Hakimi sukses mengemban tugas untuk melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022.

1 dari 4 halaman

Luis Enrique Bertanggung Jawab

Luis Enrique ketika menjadi pelatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Martin Meissner

Luis Enrique ketika menjadi pelatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Martin Meissner

Getir, Tim Matador tersingkir. Tekad untuk memenangkan Piala Dunia 2022 sirna sudah.

"Ini semua tanggung jawab saya," kata Enrique, sang pelatih, terkait kekalahan menyakitkan itu, dilansir Goal.

Enrique boleh-boleh saja pasang badan. Tapi, jangan salahkan bila fans kecewa dengan Unai Simon. Kiper Athletic Bilbao itu seharusnya bisa tampil maksimal sehingga tak jadi lumbung gol.

Lupakan Spanyol, abaikan Unai Simon. Selamat Maroko. Bisa bikin kejutan lagi lawan Portugal di perempat final, The Atlas Lions?

Jika Unai Simon menuai kritik, maka tiga penjaga gawang di bawah ini panen sanjungan karena melakukan tiga penyelamatan gemilang saat adu penalti. Siapa ketiga kiper istimewa itu?

2 dari 4 halaman

Ricardo (Portugal) Vs Inggris

Kiper Portugal ini jadi pahlawan kemenangan negaranya saat adu penalti kontra Inggris di perempat final Piala Dunia 2006.

Inggris dan Portugal harus memungkasi duel ketat via tostosan, karena hingga babak perpanjangan waktu bermain sama kuat tanpa gol.

Ricardo tampil perkasa. Portugal menang 3-1. Sukses Ricardo mementahkan tendangan penalti Frank Lampard, Steven Gerrard, dan James Carragher membawa Os Navegadores ke semifinal sebelum ditekuk Prancis 0-1.

3 dari 4 halaman

Danijel Subasic (Kroasia) vs Denmark

Kroasia sangat beruntung punya kiper tokcer di Piala Dunia 2018 bernama Subasic. Sukses Kroasi melaju ke final dan kemudian finis sebagai runner up tak lepas dari kontribusi Subasic.

Di babak 16 besar misalnya, Subašić tampil heroik kala adu penalti kontra Denmark. Dia berhasil menggagalkan tiga algojo Denmark yang membuat Kroasia menang dengan skor 3-2.

4 dari 4 halaman

Dominik Livakovic (Kroasia) vs Jepang

Aksi penyelamatan Dominik Livakovic di laga Jepang vs Kroasia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Luca Bruno

Aksi penyelamatan Dominik Livakovic di laga Jepang vs Kroasia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Luca Bruno

Penerus Subasic di Piala Dunia 2022, Dominik Livakovic, juga tak mengecewakan. Kiper Dinamo Zagreb berusia 27 tahun itu memastikan Kroasia melaju ke perempat final usai menumbangkan Jepang 3-1 lewat adu penalti di babak 16 besar.

Dengan lihai, Livakovic mampu membaca arah tendangan tiga eksekutor Samurai Biru yakni Minamino, Mitoma dan kapten Maya Yoshida.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: Khelnow
Disadur dari: Bola.com/Penulis Choki Sihotang/Editor Greagah Nurikhsani
Published: 8/12/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR