Tapak Tilas James Rodriguez dan Enam Gol yang Dicetaknya di Piala Dunia 2014

Serafin Unus Pasi | 21 Juli 2022, 20:53
Tapak Tilas James Rodriguez dan Enam Gol yang Dicetaknya di Piala Dunia 2014
James Rodriguez (c) AFP

Bola.net - Nama James Rodriguez menjadi terkenal setelah penampilan brilian di kompetisi tertinggi dunia pada tahun 2014. Brasil yang menjadi tuan rumah Piala dunia kala itu menjadi saksi keganasan wonderkid Kolombia tersebut.

Berposisi utama sebagai gelandang serang, James Rodriguez menjalani debut Piala Dunianya bersama timnas Kolombia. Tak ada yang menyangka pemuda berusia 22 tahun tersebut keluar sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2014.

Bersama timnas Kolombia, James berhasil melesakkan enam gol hanya dari lima kali bertanding. Perolehan golnya hanya unggul satu gol dari striker Jerman, Thomas Muller.

Bagaimana perjalanan James di Piala Dunia 2014 dan karier sepakbolanya usai turnamen itu? Berikut ulasanya.

1 dari 2 halaman

James Selalu Cetak Gol!

James Rodriguez (c) AFP

James Rodriguez (c) AFP

Timnas Kolombia saat itu tergabung dalam Grup C bersama Yunani, Pantai Gading dan Jepang. Saat itu, Kolombia tampil meyakinkan dengan menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan.

Kolombia total mencatatkan delapan gol saat di babak grup,di mana James menyumbangkan tiga gol untuk tim berjuluk Los Cafeteros tersebut. James masing-masing mencetak satu gol di tiga pertandingan babak Grup.

Keganasan James tidak berakhir disitu. Ia bahkan menjadi pahlawan kemenangan Kolombia dengan sepasang golnya ketika menaklukan Uruguay di babak 16 besar. Istimewanya lagi, salah satu golnya dilesatkan dengan sangat indah yang akhirnya menjadi ikon kompetisi ini.

Di babak delapan besar, Kolombia harus menyerah atas tuan rumah Brasil dengan skor tipis 2-1. Walaupun kalah, James tetap mencetak gol pada pertandingan ini. Gol tersebut juga mengukuhkanya sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2014.

2 dari 2 halaman

Terbang ke Spanyol, Terdampar di Qatar

James Rodriguez (c) AFP

James Rodriguez (c) AFP

Gelar pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepertinya menjadi berkah tersendiri untuk James. Setelah kompetisi akbar itu berakhir, raksasa Liga Spanyol Real Madrid dikabarkan jatuh hati padanya. Hanya selang sepekan setelah partai Final Piala Dunia, kepindahan James diselesaikan El Real.

Mahar sekitar Rp1,3 triliun yang ditawarkan Real Madrid seketika membuat AS Monaco luluh. Saga transfer tersebut menjadikan James sebagai pemain dengan biaya transfer termahal keempat Real Madrid setelah Gareth Bale, Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane.

Tiga tahun berseragam Madrid, James dinilai tampil melempem. Di tahun 2017, James dipinjamkan ke Bayern Munchen. Setahun setelah peruntungannya di Jerman, James kembali lagi ke Real Madrid. Kurangnya menit bermain dan penampilan yang inkonsisten menyebabkan kontraknya tidak diperpanjang Madrid pada tahun 2020.

Beruntung bagi James setelah tahun-tahun buruk bersama Madrid, Everton hadir menyelamatkan kariernya. Didatangkan secara gratis, nyatanya James hanya bertahan selama satu tahun. Hanya mencetak enam gol dari 26 pertandingan bukanlah prestasi yang baik untuk ukuran pencetak gol terbanyak Piala Dunia.

Akhirnya Everton secara resmi melepas James setelah mendapatkan tawaran dari klub asal Qatar, Al-Rayyan SC. Mahar 139 miliar Rupiah dirasa cukup untuk melepas kepergian James dari Goodison Park.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR