Tapak Tilas Debut Lionel Messi di Piala Dunia 2006

Serafin Unus Pasi | 2 Agustus 2022, 20:28
Lionel Messi, Argentina (c) Bola.net
Lionel Messi, Argentina (c) Bola.net

Bola.net - Siapa yang tidak mengenal Lionel Messi? Bintang sepak bola asal Argentina ini berstatus sebagai pemain terbaik di dunia. Banyak pencapaian baik di level individu, klub, maupun timnas Argentina.

Tujuh gelar Ballon d'or adalah salah satu bukti kehebatan Lionel Messi di dunia sepak bola. Namun di balik menterengnya penghargaan Messi, terdapat satu gelar yang belum ditaklukannya yakni Piala Dunia.

Messi saat ini berstatus sebagai top skor sepanjang masa Argentina dengan 86 gol. Walaupun demikian, Messi masih di bawah Gabriel Batistuta dalam urusan mencetak gol di Piala Dunia.

Semua hal berbau Piala Dunia seakan tidak ingin ditaklukan Messi. Puncaknya di Piala Dunia 2014, Messi harus kembali bersabar ketika kalah di partai puncak melawan Jerman.

Walaupun semua hal berbau Piala Dunia sulit diraih Messi, nyatanya terselip fakta menarik jika melihat debut Messi di Piala Dunia. Bagaimana kisah debut Messi di Piala Dunia? Berikut kisahnya.

1 dari 3 halaman

Memulai Debut di Usia 18 Tahun

Messi memulai debut turnamen Piala Dunia pada tahun 2006. Kala itu Jerman diberikan mandate sebagai tuan rumah.

Messi yang memulai debutnya pada 17 Agustus 2005. Tidak sampai satu tahun, Messi dipanggil untuk memperkuat Timnas Argentina pada Piala Dunia 2006.

Kala itu Messi masih berusia 18 tahun dan menjadi salah satu debutan termuda Piala Dunia. Di timnas Argentina, Messi harus bersaing untuk mendapatkan tempat dengan beberapa nama besar seperti Pablo Aimar, Carlos Tevez hingga Javier Saviola.

2 dari 3 halaman

Mencetak Satu Gol dan Satu Assist

Argentina kala itu tergabung dalam Grup C bersama Pantai Gading, Serbia-Montenegro dan Belanda. Messi tidak bermain di pertandingan perdana Argentina melawan Pantai Gading.

Di pertandingan kedua, Messi baru memulai debut Piala Dunia dari bangku cadangan ketika melawan Serbia-Montenegro. Messi baru masuk di menit 74 menggantikan Maxi Rodriguez.

Namun hanya butuh empat menit bagi Messi untuk membuktikan kualitasnya. Messi langsung menyumbangkan assist bagi Argentina di menit 78.

Belum puas dengan assist, Messi rupanya juga mencetak gol di pertandingan pertamanya di Piala Dunia. Tepatnya pada menit 88 Messi mencetak gol melalui sontekan kaki kanannya. Gol tersebut menjadi gol penutup kemenangan Argentina dengan skor 6-0 atas Serbia-Montenegro.

3 dari 3 halaman

Disingkirkan Jerman

Sepertinya Jerman menjadi negara yang selalu menjegal pencapaian Messi di Piala Dunia. Ternyata Final Piala Dunia 2014 bukan kali pertama Messi dijungkalkan Jerman.

Pada Debut Piala Dunia Messi, Jerman juga yang menjadi aktor kegagalan Argentina melaju lebih jauh. Saat itu Argentina bertemu dengan Jerman di babak delapan besar.

Berstatus sebagai tuan rumah, Jerman berhasil memupus harapan Messi menjuarai Piala Dunia di debutnya. Kala itu Argentina kalah di babak adu penalti dengan skor 5-3 setelah bermain imbang 1-1.

Fakta yang lebih menyakitkan lagi adalah Messi saat itu tak diturunkan sama sekali oleh pelatih Jose Nestor Pekerman. Ia hanya bisa meratapi gugurnya Argentina dari bangku cadangan.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR