Spanyol Gagal Total di Piala Dunia 2022, Ini 3 Calon Pelatih yang Bisa Gantikan Luis Enrique

Richard Andreas | 8 Desember 2022, 06:15
Spanyol Gagal Total di Piala Dunia 2022, Ini 3 Calon Pelatih yang Bisa Gantikan Luis Enrique
Piala Dunia 2022: Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique memberi instruksi kepada pemainnya, Jordi Alba (c) AP Photo/Julio Cortez

Bola.net - Spanyol gagal total di Piala Dunia 2022. La Roja berjuang lolos dari fase grup hanya untuk kemudian dipulangkan Maroko di babak 16 besar.

Selasa (6/12/2022), Education City Stadium, laga Maroko vs Spanyol bertahan imbang tanpa gol selama 120 menit. Lanjut ke babak adu penalti, tim matador kalah dengan skor telak 0-3.

Kekalahan ini seolah-olah jadi tamparan keras untuk Luis Enrique dan skuadnya. Sejak awal Enrique sudah dikritik karena Spanyol yang terlalu rasa 'Barcelona', mengutamakan penguasaan bola tanpa daya terkam di depan.

Hasilnya, mereka mendominasi 77% penguasaan bola atas Maroko dan membuat total 1.019 operan, tapi harus tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Kegagalan ini jadi rapor merah untuk Enrique yang sudah diperingatkan berkali-kali, tapi bersikeras dengan gaya main dan taktiknya. Karena itu, tepat setelah Spanyol pulang, isu pergantian pelatih sudah mulai bermunculan.

Paling tidak, ada tiga pelatih yang disebut bisa jadi pengganti Enrique di kursi pelatih Spanyol. Siapa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Mauricio Pochettino

Pelatih PSG Mauricio Pochettino. (c) AP Photo

Pelatih PSG Mauricio Pochettino. (c) AP Photo

Pelatih asal Argentina ini sudah berulang kali dihubungkan dengan kursi pelatih kosong dalam beberapa bulan terakhir. Mauricio Pochettino diyakini sebagai salah satu pelatih terbaik yang saat ini masih tanpa klub.

Pochettino dipecat PSG di akhir tahun lalu, tapi bukan berarti dia gagal total. Terlebih, riwayat karier Pochettino sebenarnya cukup bagus.

Kursi pelatih Spanyol mungkin cocok untuk Pochettino. Dia tidak akan terkendala bahasa dan gaya main Pochettino berbeda, bukan dominasi penguasaan bola yang dipaksakan Enrique.

2 dari 4 halaman

Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (c) AP Photo

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (c) AP Photo

Kandidat berikutnya juga bukan dari Spanyol, Zinedine Zidane. Sejak meninggalkan Real Madrid beberapa tahun lalu, Zidane belum lagi kembali ke dunia kepelatihan.

Tidak ada yang meragukan kualitas Zidane. Dia salah satu pelatih terbaik yang saat ini tersedia, khususnya jika target tim adalah meraih trofi.

Zidane sebenarnya disebut jadi kandidat kuat penerus Didier Deschamps di Timnas Prancis. Namun, jika Spanyol bergerak lebih dulu, bisa jadi Zidane tertarik.

3 dari 4 halaman

Roberto Martinez

Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez. (c) AP Photo

Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez. (c) AP Photo

Memang mengejutkan, tapi nama yang paling kuat dihubungkan dengan Spanyol adalah Roberto Martinez. Padahal, Martinez terbukti gagal bersama Belgia dan baru saja mengundurkan diri dari posisinya.

Martinez menangani Belgia selama enam tahun, tapi gagal mempersembahkan satu trofi pun. Padahal, skuad Belgia pada masanya disebut sebagai generasi emas.

Menariknya, filosofi dan gaya main yang diusung Martinez mungkin dianggap bisa jadi solusi untuk Spanyol yang terlalu monoton.

4 dari 4 halaman

Hasil Spanyol di Piala Dunia 2022

Spanyol 7-0 Kosta Rika
(Dani Olmo 11', Marco Asensio 21', Ferran Torres 31' (p), 54', Gavi 74', Carlos Soler 90', Alvaro Morata 90+2')

Spanyol 1-1 Jerman
(Alvaro Morata 62'; Niclas Fullkrug 83')

Jepang 2-1 Spanyol
(Ritsu Doan 48', Ao Tanaka 51'; Alvaro Morata 11')

Maroko 0-0 Spanyol (pen. 3-0)

Sumber: Bola, Express

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR