BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Southgate Peringatkan Timnas Inggris Buat Berhati-hati, Kenapa?

05-09-2021 17:31 | Yaumil Azis

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (c) AP Photo
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, meminta para pemainnya berhati-hati saat melakukan interaksi dengan penonton di stadion. Mengapa demikian?

Southgate tengah disibukkan oleh jadwal padat Timnas Inggris di masa jeda internasional bulan September ini. Ada tiga laga yang harus dilalu, satu telah dilaksanakan pada hari Jumat (3/9/2021) kemarin melawan Hungaria di Puskas Arena.

Itu adalah satu dari tiga laga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yang harus dilalui the Three Lions. Mereka berhasil membawa pulang tiga poin setelah menghajar Hungaria empat gol tanpa balas.

Berkat tambahan tiga poin tersebut, Inggris semakin nyaman di puncak klasemen Grup I dengan koleksi 12 poin. Kalau mampu bertahan, mereka bisa ikut serta dalam ajang PIala Dunia 2022 tanpa harus melalui fase play-off.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Harus Berhati-hati

Meski menang besar, pertandingan tersebut meninggalkan rasa getir buat para pemain Inggris. Khususnya Raheem Sterling dan Jude Belligham yang mendapatkan perlakuan rasis dari oknum fans yang berada di bangku penonton Puskas Arena.

Rekan setim kedua pemain tersebut, yakni Declan Rice dan Jack Grealish, memberkan pembelaan. Caranya dengan berpura-pura meminum gelas-gelas plastik yang dilemparkan ke arah pemain the Three Lions ketika merayakan gol.

Beberapa fans Hungaria tampak liar di pertandingan tersebut. Mereka melempar flare ke lapangan dan menyoraki the Three Lions ketika berlutut sebelum berlaga. Southgate sadar bahwa tindakan mereka di luar batas, tapi merasa pemainnya tidak perlu melakukan pembalasan.

"Kami harus berhati-hati dalam berinteraksi dengan penonton pada hari itu. Kami sadar beberapa hal yang terjadi tak bisa diterima, tapi juga kami berisiko membuat beberapa situasi jadi semakin panas," ujarnya dikutip dari Goal International.

2 dari 2 halaman

Tetap Rendah Hati

Southgate enggan mengambil risiko karena, suatu hari nanti, Inggris akan kembali bertatap muka dengan Hungaria di Puskas Arena. Daripada memupuk kontroversi yang lebih besar di hari lain, ia ingin pemainnya tetap fokus pada apa yang terjadi di lapangan saja.

"Para pemain harus menanamkan kerendahan hati di dalam benaknya. Kami bermain dengan bagus dan meraih hasil yang bagus pula, tapi marilah pertahankan profesionalitas, fokus kami," lanjutnya.

"Kami akan berhadapan dengan tim seperti ini lagi dan kami tidak mau memberi mereka motivasi tambahan dengan aksi kami," pungkasnya.

Inggris akan melanjutkan kiprahnya di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Minggu (5/9/2021) malam WIB. Mereka akan bermain melawan Andorra di markas kebanggannya, Wembley Stadium.

(Goal International)

KOMENTAR