BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Soal Ballon d'Or, Stam Tetap Pilih Messi Ketimbang Van Dijk

05-05-2020 17:28 | Dimas Ardi Prasetya

Lionel Messi (c) AP Photo Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Eks defender Timnas Belanda Jaap Stam mengakui Lionel Messi memang lebih layak memenangi penghargaan Ballon d'Or 2019 ketimbang kompatriotnya, Virgil Van Dijk.

Van Dijk tampil menawan bersama dengan Liverpool di sepanjang tahun 2019. Ia berhasil membawa The Reds tampil perkasa di Premier League.

Ia mampu membuat Liverpool tampil lebih kuat dan lebih baik. Ia kemudian membawa The Reds menjadi juara Liga Champions, dan di semifinal bahkan membawa timnya menggilas Barcelona.

Ia juga bersinar bersama Timnas Belanda. Ia membawa skuat Oranje lolos ke final UEFA Nations meski akhirnya kalah dari Portugal.

Van Dijk pun dijagokan untuk memenangi Ballon d'Or. Akan tetapi pada akhirnya ia akhirnya hanya berada di posisi kedua dan penghargaan prestisius itu dimenangi oleh Lionel Messi.

1 dari 2 halaman

Pilihan Jaap Stam

Banyak yang menganggap Lionel Messi tidak layak menang. Sebab prestasinya tahun itu dengan Barcelona tak secemerlang Virgil Van Dijk.

Namun Jaap Stam tidak sepakat. Ia mengakui Van Dijk memang tampil apik namun ia tetap memilih Messi sebagai pemenangnya karena memang kehebatannya tidak terbantahkan lagi.

“Biasanya seorang defender diremehkan dan orang-orang tidak banyak berpikir tentang mereka. Saya pikir sekarang ini menjadi lebih baik dan orang-orang lebih sering menghargai pekerjaan seorang defender,” ucap Stam seperti dilansir Goal International.

“Melihat dunia sekarang, saya pikir Messi masih pemain terbaik. Jika Anda melihat Ballon d'Or dan memenangkan trofi, saya pikir keputusan yang tepat adalah memberikannya kepada Messi," cetusnya.

“Saya ingin memberikannya kepada Virgil karena saya pikir ia tampil dengan baik. Bukannya saya tidak ingin ia memenangkannya, tapi saya pikir Messi dan apa yang ia lakukan tahun demi tahun, mencetak gol dan menciptakan gol dengan tekanan di bawahnya, saya pikir ia pantas mendapatkannya," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Kekecewaan Van Dijk

Virgil Van Dijk tidak menyembunyikan rasa kecewanya usai dikalahkan Lionel Messi dalam penghargaan Ballon d'Or 2019. Ia mengaku hal tersebut terasa pahit baginya namun ia dengan besar hati menerima keputusan tersebut.

"Saya sedikit kecewa," ungkap Van Dijk.

“Saya memutuskan untuk tetap pergi ke seremoni - dan, pada akhirnya, itu adalah malam yang luar biasa," ujarnya.

"Saya masih menganggap ini sebagai pencapaian luar biasa untuk berada di sana dengan ikon sepakbola terbesar di dunia," pungkasnya.

Virgil Van Dijk pun gagal mengikuti jejak Fabio Cannavaro sebagai bek terakhir yang bisa memenangi penghargaan tersebut. Sementara bagi Lionel Messi, penghargaan itu adalah penghargaan Ballon d'Or keenam baginya.

(goal international)

KOMENTAR