Rivaldo: Cetak 5 Gol di Piala Dunia 2002, tetapi Kalah Pamor dari Ronaldo

Asad Arifin | 9 Agustus 2022, 15:41
Rivaldo (c) Bola.net
Rivaldo (c) Bola.net

Bola.net - Walaupun banyak kontroversi yang menyelimuti Piala Dunia 2002, tapi turnamen masih bisa dinikmati sepenuhnya. Korea Selatan dan Jepang sebagai tuan rumah menjadi saksi ketangguhan timnas Brasil.

Piala Dunia 2002 menjadi ajang pembuktian kekuatan Brasil yang masih dominan di Piala Dunia. Pada saat itu Brasil juga berhasil menasbihkan diri sebagai juara Piala Dunia lima kali mengalahkan para wakil Eropa di bawahnya.

Namun, di balik gemilangnya penampilan Brasil terselip satu 'rivalitas; sengit. Bukan antarnegara melainkan antarpemain di skuat Selecao.

Rivalitas itu mempertemukan dua penyerang andalan kepunyaan Brasil yakni Ronaldo dan Rivaldo. Sama-sama tampil baik di Korea Selatan-Jepang, Rivaldo tetap kalah pamor dari Ronaldo.

1 dari 2 halaman

Rivaldo Tenggelam

Ronaldo, Brasil (c) Bola.net

Ronaldo, Brasil (c) Bola.net

Brasil tampil luar biasa saat menjuarai Piala Dunia 2002. Mereka total mencetak 18 gol dan hanya kemasukan empat gol.

Dari 18 gol, 13 diantaranya dilesakkan oleh dua striker ganas mereka yakni Ronaldo dan Rivaldo. Sedang berada dalam performa terbaiknya, kedua pemain tersebut menduduki peringkat satu dan dua top skor Piala Dunia 2002.

Walaupun tampil sama baiknya, nama Rivaldo tenggelam di bawah Ronaldo. Rivaldo yang mencetak lima gol harus tertinggal tiga gol dari rekanya Ronaldo yang mencetak delapan gol.

2 dari 2 halaman

Sempat Mngeimbangi Ronaldo

Rivaldo sebenarnya bisa mengimbangi Ronaldo pada beberapa pertandingan. Di babak penyisihan Grup A, Rivaldo mencetak tiga gol sementara Ronaldo mencetak empat gol.

Ketika babak 16 Besar, Rivaldo dan Ronaldo sama-sama mencetak satu gol kala menang melawan Belgia 2-0. Di babak Delapan Besar Rivaldo bahkan sempat menyamai torehan lima gol Ronaldo.

Namun, semua berubah ketika memasuki babak Semifinal. Menang 1-0 atas Turki, gol tunggal Ronaldo memastikanya melewati torehan gol Rivaldo.

Nama Rivaldo semakin terkubur di final kala bertemu dengan Jerman. Dua gol kemenangan Brasil diborong oleh Ronaldo, ini juga memastikan nama Rivaldo tertinggal tiga gol dari Ronaldo.

Meskipun demikian, Rivaldo tetap bangga bisa menutup karier Piala Dunianya dengan gelar juara. Rivaldo yang terpaut lima tahun lebih tua dari Ronaldo juga bisa melepaskan masa depan lini serang Selecao dengan tenang berkat kehadiran Ronaldo.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR