Rapor 6 Negara Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022: 3 Lolos 16 Besar, Qatar Paling Bapuk!

Asad Arifin | 3 Desember 2022, 08:37
Rapor 6 Negara Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022: 3 Lolos 16 Besar, Qatar Paling Bapuk!
Fans Korea Selatan di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Hassan Ammar

Bola.net - Fase grup Piala Dunia 2022 telah usai. 16 Negara telah dipastikan melaju ke fase gugur. Menariknya, ada tiga wakil Asia yang akan berlaga pada babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Wakil-wakil Asia menunjukkan performa yang cukup bagus di fase grup Piala Dunia 2022. Apa yang dilakukan Timnas Jepang di Grup E menjadi bukti bahwa kekuatan sepak bola Asia tak bisa dipandang sebelah mata.

Namun, tidak semua wakil Asia tampil sebagus Jepang. Iran, yang sempat menang atas Wales pada matchday kedua Grup B, gagal melanjutkan performa apiknya saat berjumpa Amerika Serikat. Iran pun gagal lolos ke 16 Besar.

Sementara itu, tuan rumah Qatar menjadi salah satu tim paling buruk di Piala Dunia 2022. Lantas, seperti apa rapor negara-negara Asia di fase grup Piala Dunia 2022? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Arab Saudi - 6

Piala Dunia 2022: Timnas Arab Saudi (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Piala Dunia 2022: Timnas Arab Saudi (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Arab Saudi menghadirkan kejutan besar saat mengalahkan Argentina pada matchday ke-1 Grup C Piala Dunia 2022. Sempat tertinggal dari gol Lionel Messi, Arab Saudi menang 2-1 melalui gol Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari.

Kemenangan itu membuat seluruh negeri, bahkan dunia, gempar. Pemerintah Arab Saudi memberlakukan hari libur nasional dan para pemain mendapat bonus.

Hanya saja, setelah itu, Arab Saudi kembali ke 'dunia nyata'. Mereka kemudian kalah dari Polandia dan Meksiko. Arab Saudi menjadi juru kunci klasemen Grup C Piala Dunia 2022.

2 dari 6 halaman

Jepang - 9

Skuad Jepang merayakan gol Ritsu Doan ke gawang Jerman di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Skuad Jepang merayakan gol Ritsu Doan ke gawang Jerman di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Jepang berada di Grup E pada Piala Dunia 2022, yang disebut-sebut dengan 'grup neraka'. Jepang membuat kejutan besar karena mampu mengakhiri persaingan di Grup E dengan status juara grup.

Jepang memulai perjalanan dengan menang 2-1 lawan Jerman. Hasil ini membuat dunia terkejut karena Jerman unggul materi pemain dan unggul lebih dulu. Pada matchday ke-2, Jepang kembali membuat kejutan. Kali ini, mereka kalah dari Kosta Rika.

Jepang lagi-lagi mengejutkan dunia. Saat diprediksi bakal kesulitan, Jepang justru mampu menumbangkan Spanyol dengan skor 2-1. Samurai Biru sukses mengalahkan dua negara yang pernah menjadi juara Piala Dunia.

3 dari 6 halaman

Korea Selatan - 8

Selebrasi skuad Korea Selatan setelah dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Darko Bandic

Selebrasi skuad Korea Selatan setelah dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Darko Bandic

Korea Selatan memulai Piala Dunia 2022 dengan kurang meyakinkan. Pada dual laga awal di Grup H, Taeguk Wariors hanya mendapat satu poin. Mereka imbang lawan Uruguay dan kalah dari Ghana.

Pada matchday ke-3, Korea Selatan harus berjumpa Portugal. Korea Selatan tidak bisa didampingi pelatih Paulo Bento karena menerima kartu merah pada duel lawan Ghana.

Korea Selatan mengalahkan secara heroik Portugal dengan skor 2-1. Pada laga lain, Uruguay hanya menang 2-0 lawan Ghana. Sama-sama punya empat poin, Korea Selatan lolos ke babak 16 Besar karena keunggulan jumlah mencetak gol dari Uruguay.

4 dari 6 halaman

Qatar - 4

Timnas Qatar jelang duel lawan Ekuador di laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB.  (c) AP Photo/Ariel Schalit

Timnas Qatar jelang duel lawan Ekuador di laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Ariel Schalit

Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia yang 'baik'. Sebab, Qatar selalu memberikan poin pada setiap lawan yang dihadapi. Hal tersebut membuat Qatar gagal lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Qatar kalah dari Ekuador pada matchday pertama. Setelah itu, kalah dengan skor 3-1 dari Senegal. Pada laga terakhir Grup A, Qatar kalah dengan skor 2-0 dari Belanda.

Qatar gagal meraih poin dari tiga laga yang dimainkan. Qatar bahkan hanya mampu mencetak satu gol. Bersama Kanada, Qatar menjadi klub yang selalu kalah pada laga fase grup.

5 dari 6 halaman

Australia - 8

Mathew Leckie merayakan golnya di laga Australia vs Denmark di matchday 3 Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Rabu (30/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Mathew Leckie merayakan golnya di laga Australia vs Denmark di matchday 3 Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Rabu (30/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Australia secara administrasi masuk dalam anggota AFF, walau tidak pernah ambil bagian di Piala AFF pada level senior. Di Piala Dunia 2022, Australia tampil cukup mengejutkan.

Australia kalah dengan skor 4-1 dari Prancis pada matchday pertama Grup D. Dari laga ini, Australia terlihat akan menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya. Namun, Australia mampu bangkit pada dua laga berikutnya.

Australia menang 1-0 ketika berjumpa Tunisia dan Denmark. Australia berada di posisi kedua klasemen akhir Grup D. Australia lolos ke babak 16 Besar dan akan berhadapan dengan Argentina. Laga yang cukup berat bagi Australia.

6 dari 6 halaman

Iran - 6

Timnas Iran merayakan kemenangan mereka atas timnas Wales,  Jumat (25/11/2022) (c) AP Photo/Francisco Seco

Timnas Iran merayakan kemenangan mereka atas timnas Wales, Jumat (25/11/2022) (c) AP Photo/Francisco Seco

Iran memulai Piala Dunia 2022 dengan hasil yang buruk. Pasukan Carlo Queiroz kalah dengan skor 6-2 dari Inggris. Walau kalah telak, Iran sejatinya menunjukkan permainan ngotot dan berjuang hingga akhir.

Iran kemudian bangkit pada matchday ke-2, saat berjumpa Wales. Iran menang dengan skor 2-0. Kedua gol Iran tercipta pada injury time babak kedua. Iran membuka peluang lolos ke babak 16 Besar.

pada laga terakhir Grup B, Iran berjumpa Amerika Serikat. Iran hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak 16 Besar. Akan tetapi, Iran kalah dengan skor 1-0 dari gol Christian Pulisic pada menit ke-38.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR