Profil Rigobert Song: Pelatih yang Membawa Kamerun Lolos ke Piala Dunia 2022

Serafin Unus Pasi | 3 Oktober 2022, 20:29
Pelatih timnas Kamerun, Rigobert Song (c) CAF Official
Pelatih timnas Kamerun, Rigobert Song (c) CAF Official

Bola.net - Kamerun akan meramaikan gelaran turnamen akbar Piala Dunia 2022 di Qatar. Berkat taktik pelatih baru mereka, Rigobert Song, Kamerun mampu menembus Putaran Final Piala Dunia setelah terakhir lolos pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Lolosnya Kamerun tentu mengembalikan harapan suporter untuk menyaksikan kembali timnas kesayangannya berlaga di Piala Dunia. Rigobert Song punya misi berat dari suporter Kamerun untuk membawa timnas mereka melangkah jauh di Piala Dunia 2022.

Tentu ini misi realistis mengingat timnas Kamerun selalu berakhir sebagai juru kunci Fase Grup di dua edisi Piala Dunia terakhir. Terlebih lagi Kamerun selalu pulang tanpa mendapat satupun poin.

Bayang-bayang mantan pelatih Kamerun sebelumnya, Antonio Conceicao juga siap menghantui. Pelatih asal Portugal tersebut mampu membawa Kamerun meraih tempat ketiga Piala Afrika 2022.

Bagaimana kisah kepelatihan Rigobert Song bersama Kamerun?. Berikut profil pelatih anyar Kamerun, Rigobert Song yang membawa Kamerun lolos ke Piala Dunia.

1 dari 2 halaman

Rigobert Song: Karier Pemain hingga Pelatih

Rigobert Song merupakan pelatih anyar Kamerun yang menggantikan Antonio Conceicao pada Maret 2022 lalu. Pelatih asli Kamerun ini juga merupakan mantan pemain kamerun yang sukses pada masanya.

Semasa menjadi pemain, Song mampu membawa dua trofi Piala Afrika bagi timnas Kamerun. Kariernya dalam klub juga cukup baik dengan pernah membela tim besar seperti West Ham United hingga Liverpool.

Di dunia kepelatihan, pria berusia 46 tahun ini baru saja terjun pada tahun 2012 sebagai asisten pelatih timnas Kamerun. Habisnya kontrak Antonio Conceicao membuatnya ditunjuk secara langsung oleh Presiden Kamerun, Paul Biya untuk menjadi pelatih kepala timnas mereka.

2 dari 2 halaman

Membawa Kamerun Lolos ke Qatar

Ditunjuknya Rigobert Song sebagai pelatih kepala Kamerun bukan berarti membuatnya bahagia. Sebab Song harus menghadapi laga penentuan nasib Kamerun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai debutnya.

Menghadapi Aljazair di Fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika, Song dituntut untuk memenangkan duel tersebut. pemenang dari duel itu akan mendapatkan satu tiket ke Putaran Final Piala Dunia 2022 mewakili Afrika.

Memainkan dua laga, Song mampu menjawab tantangan publik Kamerun. Song mampu membawa Kamerun menang atas Aljazair dengan menang agregat gol tandang 2-2.

Sejauh ini Song baru memainkan total lima laga bersama timnas Kamerun. Dari lima laga tersebut, Song hanya mampu memenangkan dua laga dengan persentase poin sebesar 1.20.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR