Profil Paulo Bento: Pelatih asal Portugal yang Bawa Korea Selatan Lolos Piala Dunia 2022

Serafin Unus Pasi | 3 Oktober 2022, 20:33
Pelatih timnas Korea Selatan, Paulo Bento (c) FIFA
Pelatih timnas Korea Selatan, Paulo Bento (c) FIFA

Bola.net - Nama Paulo Bento ditunjuk sebagai nakhoda terbaru timnas Korea Selatan pada Agustus 2018. Ia dipercaya menggantikan Shin Tae-yong usai bertugas di Piala Dunia 2018. Pelatih asal Portugal itu akan memimpin armada Kaisar Taeguk di Piala Dunia 2022 nanti.

Paulo Bento, mantan gelandang bertahan Benfica ini memulai karier manajerialnya bersama Sporting CP dan telah memenangkan dua gelar juara Liga Portugal sebelum ditunjuk sebagai pelatih timnas Portugal pada 2010. Bento dipecat setelah hasil mengecewakan Selecao di babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 dan Kualifikasi Euro 2016.

Kemudian, Bento malang-melintang melatih klub Brasil Cruzeiro, Olympiakos di Yunani dan terakhir klub Liga Super Cina, Chongqing Lifan yang juga berakhir dengan pemecatan. Lalu, Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) meminangnya di pertengahan tahun 2018 dengan harapan ia bisa sesukses Guus Hiddink di Piala Dunia 2002.

Sejauh ini, kinerja Paulo Bento cukup cemerlang. Pelatih berusia 53 tahun itu sudah memimpin Kaisar Taeguk dalam 52 laga. Hasilnya, 33 kali menang, 12 imbang, dan 7 kali kalah. Korsel juga mencetak 94 gol dan kemasukan 38 gol. Dengan 63,46%, persentase kemenangan, Paulo Bento lebih baik dari torehan Shin Tae-yong (33,33%) atau Hong Myung-bo (26,32%).

1 dari 3 halaman

Perjalanan Kualifikasi Piala Dunia 2022

Perjalanan Korea Selatan di kualifikasi Piala Dunia 2022 sendiri dimulai dengan menjadi pemuncak klasemen Grup H babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC.

Paulo Bento sukses membukukkan 5 kemenangan dan sekali imbang dari 6 laga di babak tersebut. Sedangkan, di babak ketiga kualifikasi, Kaisar Taeguk masih tampil solid dan meraih 7 kemenangan, dua seri, dan sekali kalah.

Son Heung-min dan kolega menempati posisi kedua di Grup A dengan koleksi 23 poin. Meski kalah dari Iran yang ada di puncak klasemen, Bento tetap sukses loloskan Korsel ke babak utama Piala Dunia 2022.

2 dari 3 halaman

Tidak Mudah bagi Korsel

Korsel tergabung di Grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Ghana diprediksi akan diperkuat pemain-pemain terbaik mereka yang bermain di tim-tim elite Eropa. Sehingga Kaisar Taeguk akan menghadapi laga-laga yang tidak mudah dalam Piala Dunia 2022 nanti.

Kapten timnas Korea Selatan Son Heung-min menilai Grup H nanti bukan hanya soal menghadapi Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo saja. Tetapi, winger Tottenham Hotspur itu juga mewaspadai Uruguay dan Ghana yang bisa menjadi lawan sulit bagi negaranya.

"Semua pemain sama. Ghana dan Uruguay juga merupakan lawan yang diharapkan dan sulit. Saya khawatir," ujar Son Heung-min, seperti dikutip dari laman ESPN.

"Saya tidak pergi ke Piala Dunia untuk melihat Ronaldo. Bertemu Ronaldo tidak menggandakan harapan kami untuk Piala Dunia." tambahnya.

3 dari 3 halaman

Kiprah Korsel di Piala Dunia

Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan Korea Selatan ke-11 sepanjang sejarah mereka. Dari 11 penampilan di Piala Dunia,10 diantaranya Korsel tampil secara beruntun dari edisi 1986 hingga 2022.

Sepanjang keikutsertaan Kaisar Taeguk di Piala Dunia, pencapaian terbaik mereka adalah peringkat keempat pada edisi 2002.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR