Profil Louis van Gaal: Pelatih yang akan Bawa Belanda Bersinar di Piala Dunia 2022

Serafin Unus Pasi | 5 Oktober 2022, 17:43
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal (c) AP Photo
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Belanda menatap Piala Dunia 2022 dengan misi besar memenangkan gelar pertama mereka. Bersama juru taktik mereka Louis van Gaal, Belanda optimis mampu berjalan jauh di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Van Gaal yang punya sederet pengalaman di dunia kepelatihan menjadi modal yang bagus untuk Tim Oranje. Di bawah arahan Van Gaal, Belanda mulai menemukan kembali permainan terbaik mereka.

Kontribusi Van Gaal di kursi kepelatihan Belanda terasa di Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Bersama Van Gaal, Belanda mampu menjadi juara Grup G Kualifikasi Piala Dunia dengan koleksi 23 poin.

Tak hanya itu, Van Gaal juga membawa Belanda lolos ke babak Semifinal UEFA Nations 2022. Di bawah racikan taktik Van Gaal, Belanda bahkan belum pernah terkalahkan di 15 laga terakhir. Bagaimana perjalanan Van Gaal sebagai seorang pelatih? Berikut profil pelatih Belanda, Louis van Gaal.

1 dari 3 halaman

Karir Van Gaal Sebagai Pemain

Louis van Gaal (c) AFPLouis van Gaal (c) AFP

Kesuksesan Van Gaal sebagai pelatih nyatanya tak tercermin saat dirinya masih bermain sebagai pemain sepak bola. Karier Van Gaal sebagai pemain sepak bola bisa dibilang biasa-biasa saja.

Semasa menjadi pemain, Van Gaal pernah membela beberapa tim Liga Belanda seperti Ajax Amsterdam, AZ Alkmaar, hingga Sparta Rotterdam. Selain di Belanda, Van Gaal juga sempat berkarier di Liga Belgia bersama Royal Antwerp.

Pria kelahiran Amsterdam ini bermain sebagai gelandang bertahan selama menjadi pemain. Van Gaal juga menjadi pemain selama 16 tahun saja hingga pada akhirnya memutuskan gantung sepatu pada tahun 1987.

2 dari 3 halaman

Riwayat Kepelatihan Van Gaal

Louis Van Gaal (c) Ist

Louis Van Gaal (c) Ist

Louis van Gaal merupakan sosok pelatih kenamaan asal Belanda yang punya riwayat kepelatihan panjang. Van Gaal yang memulai karier kepelatihan sejak tahun 1986, telah sukses mengukir banyak prestasi di level timnas maupun klub.

Di timnas Belanda, ini bukan kali pertama Van Gaal ditunjuk sebagai juru taktik. Ditunjuknya Van Gaal tahun lalu merupakan kali ketiga dirinya menjadi juru taktik Tim Oranje.

Sebelumnya Van Gaal pernah menjadi pelatih Belanda pada kurun waktu 2000-2001, 2012-2014, dan 2021-sekarang. Salah satu prestasi besarnya adalah mengantarkan Belanda meraih tempat ketiga Piala Dunia 2014 di Brasil.

Di level klub, Van Gaal pernah menjadi pelatih beberapa tim top Eropa seperti Bayern Munchen, Barcelona, hingga Ajax Amsterdam. Salah satu prestasi terbaiknya ketika mengantarkan Ajax Amsterdam menjuarai Liga Champions musim 1994/1995.

3 dari 3 halaman

Strategi dan Taktik Favorit Van Gaal

Louis Van Gaal (c) AFPLouis Van Gaal (c) AFP

Dalam segi strategi dan taktik, pengetahuan Louis van Gaal tak perlu diragukan lagi. Pelatih berusia 71 tahun ini kaya akan taktik dan strategi sehingga timnya dapat menyesuaikan berdasarkan lawan yang akan dihadapi.

Van Gaal yang kaya akan taktik bahkan menggunakan hingga lima formasi yang berbeda dalam 15 laga bersama timnas Belanda. Namun Formasi 4-3-3 menyerang merupakan salah satu favorit Van Gaal.

Namun pada Piala Dunia 2014, Van Gaal tidak menggunakan formasi andalannya 4-3-3 menyerang. Van Gaal lebih banyak menggunakan formasi 3-5-2 atau 5-3-2 ketika membawa Belanda finish di tempat ketiga.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR