Profil Diego Forlan, Peraih Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2010

Dimas Ardi Prasetya | 29 Juli 2022, 22:53
Profil Diego Forlan, Peraih Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2010
Diego Forlan (c) AFP

Bola.net - Diego Forlan hanya bisa membawa Uruguay menjadi tim terbaik keempat di Piala Dunia 2010. Namun performanya dianggap sebagai yang terbaik oleh anggota media Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Sebagai mesin pencetak gol, Diego Forlan juga dikenal sebagai seorang legenda yang bekerja keras untuk membantu tim di mana pun tempatnya bermain. Sejak debutnya bersama Timnas Uruguay pada tahun 2002, Diego Forlan telah mencetak 36 gol untuk negaranya.

Forlan juga mengemas lima gol sepanjang turnamen atau menjadi top skor bersama David Villa, Wesley Sneijder, dan Thomas Muller. Gol-gol yang dihasilkannya terbilang spaktakuler.

Forlan menampilkan permainan yang sangat memukau pada saat itu. Ia menjadi salah satu pemain kunci di setiap laga yang dimainkan oleh La Celeste.

1 dari 3 halaman

Sang Penakluk Jabulani

Diego Forlan menjadi satu-satunya pemain yang dianggap mampu menjinakkan bola Jabulani di Piala Dunia 2010. Gol-gol Forlan di Piala Dunia 2010 benar-benar menakjubkan.

Forlan mencetak gol dengan berbagai cara. Ada gol dari free kick, dari titik penalti penalti, tembakan jarak jauh, dan sepakan voli.

Gol-gol Forlan seakan-akan membungkam para pemain lain yang banyak melayangkan kritik tentang Jabulani pada saat itu.

2 dari 3 halaman

Pemain Terbaik Piala Dunia 2010

Pengaruh Forlan terhadap timnya sangat besar kala Luis Suarez dan Edinson Cavani belum mencapai tingkat tertinggi mereka kala itu. Usahanya dalam mengantarkan Uruguay ke peringkat empat berbuah penghargaan Golden Ball dan membuat dirinya sejajar dengan pemain seperti Zinedine Zidane, Ronaldo Nazario, hingga Diego Maradona.

Forlan mengumpulkan suara sebanyak 23,4% dalam vote pemain terbaik Piala Dunia 2010. Ia berhasil mengalahkan Wesley Sneijder di urutan kedua dengan 21,8% dan David Villa di urutan ketiga dengan 16,9%.

Forlan pun menjadi pemain Uruguay kedua yang meraih penghargaan ini. Sebelumnya, legenda sepakbola Uruguay Jose Nasazzi juga sempat dinobatkan sebagai yang terbaik di turnamen Piala Dunia 1930, meski untuk catatan ini masih harus diverifikasi mengingat FIFA baru mencatat secara resmi penghargaan ini mulai Piala Dunia 1982.

3 dari 3 halaman

Duet Forlan-Suarez Jadi Momok

LIMA gol telah tercipta dari kolaborasi Diego Forlan dan Luis Suarez di lini depan Uruguay selama Piala Dunia 2010. Forlan yang bermain sedikit ke belakang telah mengemas dua gol dan Suarez berhasil menceploskan tiga gol.

Yang membuat kolaborasi antara Suarez dan Forlan berjalan lancar adalah karena kedua pemain itu benar-benar meninggalkan ego mencetak golnya demi kepentingan tim. Forlan bahkan rela bermain lebih ke belakang menyokong Suarez dan Cavani.

"Kami adalah satu tim dan bekerja bersama. Yang sebenarnya adalah Luis dan saya memiliki hubungan yang hebat dan saya senang karena dia mencetak dua gol yang menentukan bagi kami," ujar Forlan, seperti dikutip Reuters.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR