Play-off Piala Dunia 2022: Selain Portugal, Italia Bisa Jumpa Siapa Lagi?

Yaumil Azis | 16 November 2021, 06:57
Aksi penyerang Timnas Italia, Federico Chiesa (kiri), saat melawan Irlandia Utara dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar hari Selasa (16/11/2021). (c) AP Photo
Aksi penyerang Timnas Italia, Federico Chiesa (kiri), saat melawan Irlandia Utara dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar hari Selasa (16/11/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Hasil imbang yang diterima saat bertemu Irlandia Utara membuat Italia harus duduk di peringkat kedua klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2022. Artinya, mereka harus menjalani play-off kalau ingin ikut serta di ajang tersebut.

Laga melawan Irlandia digelar di Windsor Park pada Selasa (16/11/2021) dini hari WIB dan berlangsung dengan sengit. Italia sudah berupaya keras mencetak gol, tapi cuma mampu mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 0-0.

Gli Azzurri tetap gagal keluar sebagai pemenang meskipun mampu mendominasi permainan. Italia mencatat penguasaan bola hingga 72 persen, melepaskan 12 tembakan yang enam di antaranya menemui sasaran, tapi tak mampu mencetak gol.

Irlandia sendiri bermain lebih bertahan. Hampir semua pemainnya ditempatkan di sekitaran kotak penalti sendiri. Walau begitu, mereka sempat membuat beberapa peluang berbahaya yang bisa membuat Italia kalah.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Babak Playoff

Pada akhirnya, Italia cuma bisa memperoleh satu poin dan harus rela singgasananya diambil oleh Swiss. Karena duduk di peringkat kedua, Leonardo Bonucci dkk pun harus melanjutkan perjuangannya ke babak playoff.

Undian babak playoff sendiri baru akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 mendatang di Zurich. Lalu, negara mana saja yang bisa ditemui Italia pada babak playoff bulan Maret 2022 mendatang?

Perlu diketahui bahwa babak playoff nantinya akan diikuti oleh 12 tim, terdiri dari 10 runner-up fase grup dan dua tim terbaik di fase grup UEFA Nations League 2020/21 yang tidak masuk dalam dua besar grup kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ke-12 negara nantinya akan dibagi dalam tiga jalur, dimulai dari babak semifinal dan berakhir di final. Pemenang dari ketiga jalur tersebut akan mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022.

2 dari 3 halaman

Calon Lawan Italia

Fase grup kualifikasi Piala Dunia tinggal menyisakan tujuh pertandingan lagi dari grup D, E, dan G. Prancis dan Belgia, secara hitung-hitungan, sudah dipastikan lolos. Sementara jatah lolos Grup G masih diperebutkan Belanda, Turki dan Norwegia.

Jika kalah dari Norwegia, Belanda bisa gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Kalau imbang, mereka harus melewati fase playoff. Ini bisa terjadi kalau Turki bisa mengalahkan Montenegro di hari yang sama. intinya, Grup G masih menyajikan banyak kemungkinan.

Satu negara besar yang bisa ditemui Italia adalah Portugal. Kekalahan di tangan Serbia pada Senin (15/11/2021) kemarin membuat pasukan Fernando Santos duduk di peringkat kedua klasemen Grup A.

Negara lain yang sudah dipastikan menjadi runner-up di grupnya masing-masing adalah Finlandia, Wales, Skotlandia, dan Rusia. Di atas kertas, negara-negara ini seharusnya bisa dikalahkan Italia tanpa menemui kesulitan.

3 dari 3 halaman

Swedia, Momok Italia

Masih ada satu peserta yang tersisa dan belum disebutkan di sini, disimpan paling terakhir karena masih dikenang sebagai momok buat Gli Azzurri. Dia adalah Timnas Swedia.

Seperti yang diketahui, Italia gagal berpartisipasi di Piala Dunia 2018 lalu lantaran tersingkir di playoff. Dan kegagalan tersebut diberikan oleh Swedia, yang berhasil memenangkan duel dua leg dengan agregat skor tipis 1-0.

Itu adalah kali pertama Italia gagal berpartisipasi di ajang Piala Dunia sejak terakhir kali pada tahun 1958. Gli Azzurri langsung berbenah sejak itu dengan menangkat Mancini sebagai pengganti Gian Piero Ventura. Akankah mimpi buruk itu terulang lagi?

(Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR