Piala Dunia 2022, Siapa Tandem yang Cocok untuk Harry Kane di Lini Serang Timnas Inggris?

Asad Arifin | 17 November 2022, 19:04
 Piala Dunia 2022, Siapa Tandem yang Cocok untuk Harry Kane di Lini Serang Timnas Inggris?
Leroy Sane coba mengejar Harry Kane di laga Inggris vs Jerman, UEFA Nations League 2022 (c) AP Photo

Bola.net - Di Piala Dunia 2022, timnas Inggris masuk dalam salah satu tim yang dijagokan menjadi juara di akhir turnamen. Bukan tanpa alasan, tim asuhan Gareth Southgate ini memiliki kedalaman skuad yang sangat baik sebagai modal bermain di Piala Dunia 2022.

Salah satu pemain yang akan menjadi tulang punggung Inggris di Piala Dunia 2022 adalah Harry Kane. Striker berusia 30 tahun ini akan kembali dipercaya sebagai ujung tombak utama The Three Lions.

Sebelumnya, Kane sukses memegang peran penting sebagai lumbung gol Inggris di Piala Dunia 2018. Meskipun hanya membawa Inggris sampai babak Semifinal, Kane berhasil keluar sebagai top skor Piala Dunia 2018 dengan mencetak enam gol.

Di Qatar, Kane akan kembali menjadi tumpuan di lini serang bersama beberapa penyerang top Inggris lainnya. Siapakah yang akan menemani Kane di lini serang Inggris? berikut empat pemain yang berpotensi menjadi tandem Harry Kane di Piala Dunia 2022.

1 dari 4 halaman

Jack Grealish

Pelatih Inggris, Gareth Southgate (kiri) berbincang dengan Jack Grealish saat menghadapi Denmark di laga semifinal Euro 2020 hari Kamis (8/7/2021). (c) AP Photo

Pelatih Inggris, Gareth Southgate (kiri) berbincang dengan Jack Grealish saat menghadapi Denmark di laga semifinal Euro 2020 hari Kamis (8/7/2021). (c) AP Photo

Penyerang sayap Manchester City, Jack Grealish menjadi salah satu nama yang akan bekerja sama di lini serang Inggris bersama Harry Kane. Pemain berusia 27 tahun ini memiliki beberapa kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan suplai pada Kane.

Grealish yang bermain di sayap kiri, dapat menggunakan kecepatan dan kemampuan menggiring bolanya untuk mengoyak lini pertahanan lawan. Grealish juga bisa mengirimkan umpan-umpan lambung dari sisi lapangan untuk memanfaatkan kelebihan Kane dalam duel udara.

Meskipun tampil tak istimewa musim ini bagi Manchester City, Grealish masih memiliki potensi untuk menembus skuat utama Inggris. Grealish yang menjalankan musim keduanya bersama Manchester City setidaknya memiliki pengalaman diasuh pelatih ternama, Pep Guardiola.

2 dari 4 halaman

Raheem Sterling

Raheem Sterling dikawal pemain lawan di laga Inggris vs Jerman, UEFA Nations League 2022 (c) AP Photo

Raheem Sterling dikawal pemain lawan di laga Inggris vs Jerman, UEFA Nations League 2022 (c) AP Photo

Selain Grealish, timnas Inggris juga masih memiliki penyerang sayap tajam yakni Raheem Sterling. Pemain berusia 27 tahun ini juga terkenal dengan kecepatannya serta kemampuan dalam melewati lawan.

Mantan pemain Manchester City ini telah bekerja sama selama beberapa musim terakhir dengan Harry Kane di lini serang. kerja sama kedua pemain ini berhasil membawa Inggris melaju hingga Semifinal Piala Dunia 2018 dan Final Piala Eropa 2020.

Walaupun tak istimewa, statistik Sterling musim ini setidaknya lebih baik dibandingkan Jack Grealish yang bermain di posisi yang sama. Sterling mampu mencetak lima gol dan dua assist dari 19 laga bersama Chelsea.

3 dari 4 halaman

Marcus Rashford

Marcus Rashford dan Jadon Sancho saat masuk sebagai pengganti di final Euro 2020 (c) AP Photo

Marcus Rashford dan Jadon Sancho saat masuk sebagai pengganti di final Euro 2020 (c) AP Photo

Meskipun cenderung bermain di posisi yang sama, Marcus Rashford tetap berpotensi menjadi duet Harry Kane di lini serang. Pasalnya, Rashford bisa saja menjadi tandem Kane ketika Gareth Southgate memainkan formasi dengan dua striker.

Selain itu, Rashford juga memiliki kemampuan yang tak kalah baik saat bermain sebagai penyerang sayap. Rashford yang memiliki kecepatan, setidaknya memiliki satu keunggulan lainnya yakni sepakan keras.

Meskipun sempat kesulitan di awal musim, Rashford akhirnya bisa mendapatkan performa terbaiknya bersama Manchester United. Mencetak delapan gol dan tiga assist, permainan Rashford yang sedang meningkat bisa menjadi pertimbangan untuk memasangnya bersama Harry Kane di lini serang.

4 dari 4 halaman

Phil Foden

Phil Foden (c) AP Photo

Phil Foden (c) AP Photo

Phil Foden bisa menjadi opsi alternatif bagi Gareth Southgate untuk menemani Kane di lini serang timnas Inggris. Meskipun berposisi utama sebagai gelandang tengah, Foden juga mampu bermain lebih menyerang.

Di Manchester City, Foden bahkan lebih sering bermain sebagai penyerang sayap atau bahkan gelandang serang. Foden juga tampil cukup impresif di posisi tersebut bersama Manchester City dengan torehan delapan gol dan tiga assist.

Pemain berusia 23 tahun ini juga memiliki satu kelebihan yakni kreativitas dalam memberikan umpan maupun membuka ruang. Pengalamannya bermain di bawah asuhan Pep Guardiola di Manchester City akan sangat berguna untuk bekerja sama dengan Harry Kane di lini serang.

Sumber: Transfermarkt dan Whoscored

Penulis: Ahmad Daerobby

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR