Piala Dunia 2022: Portugal Tanpa Cristiano Ronaldo, Permainannya Indah untuk Dilihat

Dimas Ardi Prasetya | 9 Desember 2022, 20:56
Piala Dunia 2022: Portugal Tanpa Cristiano Ronaldo, Permainannya Indah untuk Dilihat
Ekspresi Cristiano Ronaldo di bangku cadangan dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 Portugal vs Swiss, Rabu (7/12/2022) (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Bola.net - Bek senior Portugal Jose Fonte menilai Selecao sekarang ini justru bisa bermain lebih cair dan enak ditonton tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo.

Ronaldo di masa primanya dikenal sebagai mesin gol. Namun kini kehebatannya mulai memudar.

Pria 37 tahun tersebut jelas bukan pemain yang sama seperti beberapa tahun yang lalu. Mulanya Ronaldo memang masih diandalkan Portugal di sepanjang fase grup.

Ia terus jadi starter. Namun Fernando Santos tak memainkannya secara penuh.

1 dari 4 halaman

Ronaldo Jadi Cadangan

Keputusan besar kemudian diambil Fernando Santos. Ia mencadangkan Cristiano Ronaldo saat Portugal bermain di babak 16 besar.

Saat itu Portugal bermain melawan Swiss. Sebagai gantinya, Santos memainkan Goncalo Ramos sebagai starter.

Hasilnya sangat tokcer. Ramos mencetak hattrick dan Portugal melindas Swiss 6-1!

2 dari 4 halaman

Ronaldo Sentris

Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah Portugal memastikan tempat di 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Uruguay. (c) AP Photo/Martin Meissner

Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah Portugal memastikan tempat di 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Uruguay. (c) AP Photo/Martin Meissner

Jose Fonte kemudian mengatakan, skuad Portugal sebenarnya bisa terus bermain apik seperti saat melawan Swiss. Apalagi dengan materi pemain yang mereka miliki.

Sayangnya potensi itu terhambat. Ironisnya, penyebabnya adalah karena mereka terlalu Ronaldo sentris.

"Portugal memiliki kualitas untuk melakukan ini di setiap pertandingan, tetapi kami harus jujur - kehadirannya di lapangan membuat para pemain tim nasional secara tidak sadar dan otomatis harus bermain untuknya dan selalu memberinya bola," ucapnya seperti dikutip dari A Bola.

3 dari 4 halaman

Permainan Portugal Enak Dilihat

Jose Fonte kemudian mengisyaratkan agar Portugal terus bermain tanpa Cristiano Ronaldo. Sebab tanpa CR7 permainan Selecao jadi lebih kompak, cair dan enak dilihat.

"Saat ia tidak ada, Portugal bermain lebih sebagai tim dan itu terlihat (melawan Swiss). Mereka bermain dengan lancar, tanpa titik fokus tunggal," serunya.

"Semua orang berkontribusi dan itu indah untuk dilihat," sambung Fonte.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR