Piala Dunia 2022: Menunggu Jerman Dipulangkan Spanyol

Richard Andreas | 27 November 2022, 17:45
Piala Dunia 2022: Menunggu Jerman Dipulangkan Spanyol
Antonio Rudiger tak bisa berkata-kata usai Jerman dibikin malu Jepang di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Eugene Hoshiko

Bola.net - Jerman bakal menghadapi Spanyol dalam duel matchday 2 Grup E Piala Dunia 2022, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Pertandingan ini bakal menentukan nasib Der Panzer di Qatar.

Betapa tidak, laga ini adalah laga hidup-mati bagi pasukan Hansi Flick. Mereka harus menang jika ingin terus melangkah di Piala Dunia 2022 Qatar.

Situasi sulit ini dialami Jerman karena mereka kalah mengejutkan dari Jepang (1-2) di matchday 1 lalu. Kekalahan ini jadi tamparan keras untuk Thomas Muller dkk. yang tampil di bawah standar.

Masalahnya, pertandingan lawan Spanyol jelas akan lebih sulit bagi Jerman. Mereka harus main sempurna jika ingin menang.

1 dari 8 halaman

Spanyol tampil tangguh

Skuad Spanyol merayakan gol Ferran Torres ke gawang Kosta Rika, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Skuad Spanyol merayakan gol Ferran Torres ke gawang Kosta Rika, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Di matchday 1 lalu, Spanyol tampil begitu perkasa dengan menghajar Kosta Rika tujuh gol tanpa balas (7-0). Permainan Spanyol begitu mengalir, dominasi bola sampai 82%.

Kontra Jerman nanti, di atas kertas laga seharusnya berjalan seimbang, tapi Spanyol bisa dibilang sedikit lebih unggul. Terlebih, tekanan ada di pundak pemain Jerman yang terancam gugur dari Piala Dunia 2022.

Kemenangan solid di matchday 1 lalu seharusnya menjadi tanda bahwa Spanyol adalah salah satu favorit juara untuk turnamen kali ini. Skuad Luis Enrique menyuguhkan salah satu gaya main terbaik di Qatar.

2 dari 8 halaman

Jerman pulang?

Situasi Jerman terbalik 180 derajat dari Spanyol. Memang skuad Der Panzer diisi oleh pemain-pemain top, tapi sebagian besar pemain masih muda dan kurang berpengalaman.

Jerman bisa dibilang sedang mengalami masa transisi di bawah Hansi Flick. Masih butuh waktu untuk Jerman kembali ke level top seperti seharusnya.

Lawan Spanyol nanti, Jerman jelas harus membuat perubahan. Tidak ada harapan jika mereka bermain sama seperti di matchday 1 lalu, terlebih di lini belakang.

Nahas bagi Jerman, pertemuan terakhir lawan Spanyol di ajang UEFA Nations League berakhir dengan kekalahan 0-6. Artinya, Jerman tidak boleh sampai membuat kesalahan di pertandingan nanti. Mereka harus sempurna jika tidak ingin pulang.

3 dari 8 halaman

Bau-baunya Jerman tersingkir nih

4 dari 8 halaman

Terakhir kali ketemu, Spanyol menang

5 dari 8 halaman

Kunci Spanyol ada di Busquets

6 dari 8 halaman

Rasa Bayern vs Barcelona nih

7 dari 8 halaman

Jerman yakin menang?

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR