Piala Dunia 2018: Ketika 2 Gol Mohamed Tak Cukup Loloskan Mesir ke 16 Besar

Serafin Unus Pasi | 11 Agustus 2022, 16:45
Mohamed Salah (c) AP
Mohamed Salah (c) AP

Bola.net - Penampilan Mohamed Salah sedang bagus-bagusnya jelang Piala Dunia 2018. Sudah 44 gol yang diciptakan Salah bersama Liverpool pada musim 2017/18 bergulir. Khusus di Premier League, dia merangkum 32 gol dan 11 assist untuk The Reds.

Kecermelangan Salah tidak hanya untuk Liverpool saja. Bersama Timnas Mesir, Salah juga tampil luar biasa. Bahkan, dua golnya ke gawang Kongo mengantarkan Mesir ke putaran final Piala Dunia 2018, turnamen yang terakhir kali Mesir ikuti 24 tahun silam.

Peran Salah begitu amat dinantikan bagi Timnas Mesir pada ajang Piala Dunia di Rusia. Mesir sendiri akan tergabung di Grup A bersama Rusia, Arab Saudi, dan Uruguay.

Tim yang diasuh oleh Hector Cuper yang pada waktu itu cukup yakin dengan asa lolos ke babak selanjutnya, di samping undian grup begitu "menguntungkan" mereka juga mempunyai senjata bernama Mohammed Salah.

1 dari 3 halaman

Gagal Total

Sayangnya, kiprah Timnas Mesir di Piala Dunia 2018 memang berjalan singkat. Pasalnya, The Pharaohs harus angkat koper lebih awal lantaran gagal bersaing untuk bisa lolos ke babak berikutnya dari Grup A Piala Dunia 2018.

Mesir sama sekali gagal meraih poin dari tiga pertandingan yang mereka lalui. Mereka kalah dari Uruguay (0-1), digebuk Rusia 1-3, dan kalah tipis atas Arab Saudi 1-2.

Kegagalan Mesir di Piala Dunia 2018 nampaknya memberikan luka mendalam bagi Salah. Pemain bintang Liverpool tersebut pun memohon maaf kepada seluruh pendukung Mesir lantaran tampil buruk selama di Piala Dunia 2018.

2 dari 3 halaman

Hanya Mengemas 2 Gol

Berbekal catatan mentereng dengan torehan 44 gol bersama Liverpool pada musim 2017/18, penampilan Salah justru antiklimaks di ajang Piala Dunia 2018. The Egyptian King hanya mencetak dua gol.

Gol pertama Salah ia cetak pada pertandingan kedua saat melawan tuan rumah, Rusia. Saat itu segalanya semakin sulit bagi Mesir. Mengejar defisit tiga gol bukan tugas enteng.

Menit ke-73 Mesir mampu memperkecil ketertinggalan. Salah dijatuhkan oleh Golovin di ujung kotak penalti Rusia. Melalui titik putih, Salah yang ditunjuk menjadi eksekutor penalti menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Gol selanjutnya datang pada saat pertandingan terakhir melawan Arab Saudi. Salah berhasil membawa keunggulan bagi Mesir di babak pertama, namun Arab Saudi berhasil comeback dan bikin Mesir pulang dengan tangan hampa.

3 dari 3 halaman

Cedera Sebelum Piala Dunia

Pemain yang kini sudah berusia 30 tahun itu sempat diragukan tampil di Piala Dunia 2018 akibat cedera bahu yang dideritanya. Salah mengalami cedera dislokasi bahu di final Liga Champions usai berduel dengan Sergio Ramos.

Akibat dari cedera tersebut, Ramos mendapatkan berbagai cercaan. Sementara itu, Salah terbang ke Spanyol dan melakukan pemulihan di negeri Matador tersebut.

Namun, pada akhirnya Salah ikut masuk ke dalam 23 nama skuat Mesir yang dibawa ke Rusia kala itu.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR