Piala Dunia 2014: Timnas Spanyol, From Hero to Zero

Asad Arifin | 4 Agustus 2022, 15:43
Spanyol (c) AFP
Spanyol (c) AFP

Bola.net - Piala Dunia selalu memberikan kejutan, baik yang berakhir manis maupun getir. Pada Piala Dunia 2014, Timnas Spanyol membuat kejutan yang berujung pada kegetiran.

Pada Piala Dunia 2010, Spanyol keluar sebagai Juara setelah mengalahkan Belanda di Final. Mereka unggul 1-0 atas Belanda melalui gol Andres Iniesta di babak perpanjangan waktu.

Namun, penampilan impresif mereka nyatanya tak terulang kembali di Piala Dunia 2014. Berstatus sebagai juara bertahan Piala dunia, Spanyol harus menanggung malu ketika harus angkat kaki dari Brasil lebih awal.

Spanyol kala itu tergabung dalam Grup B bersama Belanda, Chile dan Australia. Spanyol hanya mengoleksi tiga poin hasil dari satu kemenangan dan dua kekalahan.

Tentu saja gugurnya Spanyol mengejutkan banyak pihak. Bahkan salah satu pemain Spanyol, Pedro Rodriguez sampai tak tahu harus menjelaskan apa terkait kegagalan timnya.

“Hasil ini sangat sulit untuk dijelaskan. Kami cukup antusias melihat peluang menang dalam duel melawan Chile agar bisa bertahan di turnamen. Pada akhirnya harapan itu gagal diwujudkan” ujar Pedro pada Cadena Ser dilansir dari Goal.

Berikut fakta menarik dibalik kegagalan timnas Spanyol di Piala Dunia 2014.

1 dari 2 halaman

Dibantai Belanda: Dendam yang Terbalaskan

Robin van Persie mencetak gol spektakuler ke gawang Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2014 (c) KNVB Official

Robin van Persie mencetak gol spektakuler ke gawang Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2014 (c) KNVB Official

Kegagalan Spanyol terasa lebih sakit ketika Belanda berhasil menyelesaikan misi balas dendamnya. Tak tanggung-tanggung, Belanda membalas rasa sakit hatinya dengan lesakkan lima gol yang hanya dibalas satu oleh Spanyol.

Sebelumnya, Spanyol meraih gelar juara di Piala Dunia 2010 setelah mengalahkan Belanda di partai puncak. Kekalahan itu memupus harapan Belanda meraih gelar juara Piala Dunia pertamanya. Itu jadi kekalahan ketiga dari tiga Final yang dijalani Belanda sepanjang sejarah Piala Dunia.

Sebenarnya Spanyol unggul lebih dulu dari Belanda melalui gol Xabi Alonso lewat titik putih pada menit 27. Namun gol indah melalui sundulan terbang Robin van Persie menghancurkan mental pemain Spanyol hingga berakhir dengan skor 5-1.

2 dari 2 halaman

Pulang Sebelum Babak Grup Selesai

Brasil tampaknya menjadi tempat yang tidak ramah bagi timnas Spanyol. Setelah kekalahan di pertandingan perdana melawan Belanda, Spanyol kembali harus menelan kekalahan.

Kali ini timnas Chile yang berhasil menumbangkan sang juara bertahan. Spanyol bahkan tak bisa mencetak satu gol pun ke gawang Claudio Bravo. Pertandingan kedua Spanyol berakhir dengan kekalahan 2-0 atas Chile melalui gol Eduardo Vargas dan Charles Aranguiz.

Hasil ini juga memastikan Spanyol angkat koper lebih awal di Piala Dunia 2014. Walaupun menjalani laga terakhir, Spanyol tetap mustahil mengejar enam poin Belanda dan Chile.

Sumber: Transfermarkt dan Goal.com

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR