Piala Dunia 2014: Nelangsa Portugal, Dibantai Jerman 4-0, dan Gagal Lolos Fase Grup

Serafin Unus Pasi | 18 Agustus 2022, 19:50
Aksi Thomas Muller saat Jerman menghajar Portugal dengan Skor 4-0 di fase Grup Piala Dunia 2014 (c) DFB
Aksi Thomas Muller saat Jerman menghajar Portugal dengan Skor 4-0 di fase Grup Piala Dunia 2014 (c) DFB

Bola.net - Timnas Portugal tampil begitu mengecewakan di sepanjang gelaran Piala Dunia 2014. Selecao secara tragis harus tersingkir di babak fase grup pada turnamen yang diselenggarakan di Brasil tersebut.

Pada pertandingan perdana, Portugal langsung berhadapan dengan sesama tim Eropa, Jerman dan tidak mampu membendung dahsyatnya performa Der Panzer saat itu. Selecao dibabat habis oleh tim asuhan Joachim Loew dengan skor 0-4.

Di laga itu Portugal harus kehilangan Pepe yang terkena kartu merah, akibat menanduk Thomas Muller. Absennya Pepe di barisan belakang mempengaruhi permainan Portugal di partai kedua melawan Amerika Serikat yang secara mengejutkan berakhir imbang 2-2.

Pada laga penutup, Portugal harus menjalani misi mustahil. Mereka wajib mengalahkan Ghana dan mencetak banyak gol. Apa daya, mereka hanya sanggup menang 2-1, itupun gol pertama Portugal terjadi akibat gol bunuh diri John Boye.

1 dari 3 halaman

Dilibas Jerman

Jerman di luar dugaan mampu membabat habis timnas Portugal dengan skor 4-0 dalam partai perdana penyisihan Grup G di Arena Fonte Nova, Salvador Brasil. Keempat gol itu diciptakan oleh Mueller menit ke-10 melalui titik putih, Mats Hummels menit ke-32, Mueller menit ke-45 dan menit ke-78. Thomas Mueller mencetak hat-trick pertama di Piala Dunia 2014.

Jerman mendominasi permainan sejak menit awal. Apalagi sejak bek Portugal Pepe dikartu merah pada menit ke-37, Der Panzer semakin menguasai permainan dan Selecao tak berdaya menghadapi serangan gencar dari kubu lawan, hingga akhirnya di babak kedua kebobolan dan menjadikan skor 4-0 untuk kemenangan Jerman.

2 dari 3 halaman

Ronaldo Gagal Bersinar

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo, gagal tampil cemerlang di gelaran Piala Dunia 2014 Brasil. Selain gagal mengantarkan Portugal lolos di fase grup, Ronaldo hanya mencetak satu gol di ajang tersebut.

Sebelum Piala Dunia 2014 dimulai, Portugal termasuk unggulan karena memiliki Ronaldo yang baru saja membawa Real Madrid juara Liga Champions. Sampai-sampai eks pemain FC Porto, Ricardo Quaresma angkat bicara mengenai performa kapten Selecao tersebut.

"Kami tidak bisa hanya menempatkan tekanan pada Cristiano. Dia tidak bermain sendiri. Saya pikir kami orang Portugal menempatkan terlalu banyak tekanan hanya pada satu pemain," kata Quaresma kepada TVI.

"Saya pikir juga kami gagal karena seluruh pemain yang berada di sebelah Cristiano mungkin tidak merasa nyaman karena semua orang berbicara hanya mengenai satu orang pemain dan bukan seluruh skuat Portugal," tambah Quaresma.

3 dari 3 halaman

Pelatih Dipecat

Pelatih Portugal Paulo Bento akhirnya meninggalkan posisinya sebagai pelatih timnas Portugal, demikian diumumkan Federasi Sepak Bola Portugal (FPF), Kamis waktu setempat.

Padahal pelatih berusia 53 tahun ini, pernah membawa Selecao ke babak semi final Euro 2012, ketika mereka disingkirkan tim yang akhirnya menjadi juara, Spanyol, lewat tendangan penalti di semi final. Tapi ia tidak dapat mengulang keberhasilan itu di Piala Dunia 2014 dan pada awal laga penyisihan grup langsung mendapati hasil minor.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR