Piala Dunia 2014: Belanda Bungkam Brasil 3-0 di Perebutan Tempat Ketiga

Serafin Unus Pasi | 19 September 2022, 20:18
Piala Dunia 2014: Belanda Bungkam Brasil 3-0 di Perebutan Tempat Ketiga
Ekspresi Timnas Belanda usai mengamankan medali perunggu di Piala Dunia 2014 (c) FIFA

Bola.net - Brasil harus mengalami nasib tragis di Piala Dunia 2014. Brasil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 harus mengubur mimpinya dalam-dalam.

Mengusung misi juara di rumah sendiri, Brasil justru harus lapang dada menerima kekalahannya. Mereka harus berhenti di Semifinal ketika bertemu dengan wakil Eropa, Jerman.

Kekalahan Brasil di Semifinal bahkan membekas hingga laga perebutan tempat ketiga. Lagi-lagi wakil Eropa kembali jadi biang keladinya.

Kali ini Belanda yang menambah penderitaan Brasil dirumah sendiri. Belanda bahkan menghajar Brasil dengan skor telak 3-0.

1 dari 3 halaman

Brasil : Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Brasil harus menanggung malu ketika jungkalkan Jerman di babak Semifinal. Tak tanggung-tanggung, Jerman menghukum Brasil dengan skor telak 7-1.

Kekalahan ini tentu saja membuat mental pemain Brasil hancur total. Selepas laga melawan Jerman para pemain Brasil bahkan menangis tak menyangka akan dihajar habis wakil Eropa.

Kekalahan tersebut berimbas pada laga melawan Belanda di babak perebutan tempat ketiga. Brasil saat itu tampil kurang ngotot hingga kembali dihabisi dengan skor 3-0.

2 dari 3 halaman

Rapuhnya Pertahanan Brasil

Brasil tidak belajar dari kesalahan di laga Semifinal melawan Jerman. Mereka yang kebobolan hingga tujuh gol mengindikasikan adanya lubang besar di pertahanan Tim Samba.

Namun Brasil tetap mengulang kesalahan yang sama di babak perebutan tempat ketiga. Menghadapi Belanda yang tampil menyerang, Brasil kembali kebobolan banyak gol.

Kali ini tim lawan mampu melesakkan tiga gol ke gawang Brasil. Mengganti beberapa pemain belakang nyatanya tak memberikan kekuatan signifikan di lini pertahanan Brasil.

3 dari 3 halaman

Kali Ketiga Dipecundangi Tim Eropa

Kekalahan atas Belanda bukan kali pertama dirasakan Brasil. Di Piala Dunia 2010, Brasil juga disingkirkan oleh Belanda di babak Perempat Final.

Saat itu Belanda mampu comeback di babak kedua berkat aksi heroik Wesley Sneijder. Belanda akhirnya unggul tipis 2-1 lewat brace Sneijder.

Di Piala Dunia 2006, Brasil juga harus tersingkir oleh tim Eropa. Saat itu Prancis yang keluar sebagai penjagal Brasil di babak Perempat Final.

Tersingkirnya Brasil di Semifinal Piala Dunia 2014 oleh Jerman adalah buah karma bagi Tim Samba. Pasalnya di Final Piala Dunia 2002 Brasil berhasil mengalahkan Jerman dua gol tanpa balas.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR