Piala Dunia 2014: Akhir Manis Philipp Lahm, Sang Kapten Timnas Jerman

Serafin Unus Pasi | 28 September 2022, 17:55
Joachim Loew dan Philipp Lahm (c) AFP
Joachim Loew dan Philipp Lahm (c) AFP

Bola.net - Gol tunggal dari Mario Gotze di masa perpanjangan waktu, mampu mengantarkan Jerman menjadi kampiun Piala Dunia 2014. Tak hanya publik Jerman yang larut dalam kegembiraan, tetapi kesuksesan besar itu juga menjadi akhir dari karir Philip Lahm di Timnas Jerman.

Dalam partai final melawan Argentina di stadion legendaris Maracana, baik Jerman maupun Tim Tango bermain sama kuat 0-0 selama 2x45 menit. Kemudian, pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Kedua tim bermain agresif sejak menit pertama, dengan Jerman menekan dengan serangan yang dimotori di sektor kanan, sementara Argentina tajam di serangan balik. Hingga di menit ke-113, Der Panzer sukses mencetak gol kemenangan lewat Mario Gotze usai memanfaatkan umpan Andre Schurrle.

Bagi Jerman ini adalah gelar juara Piala Dunia yang keempat dan menjadi tim Eropa pertama yang juara di turnamen yang digelar di Amerika Selatan. Dan tentunya, gelar tersebut menjadi kado perpisahan bagi seorang Philipp Lahm yang memutuskan pensiun dari panggung internasional bersama Der Panzer.

1 dari 3 halaman

Gantung Sepatu dari Timnas Jerman

 (c) ist (c) ist

Setelah keberhasilan meraih trofi Piala Dunia, beredar kabar bahwa Lahm bakal pensiun dari timnas. Reuters lantas merilis bahwa pemain yang memperkuat Bayern Munchen itu resmi pensiun dari level timnas.

Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) Wolfgang Niersbach pun mengaku tak bisa berbuat banyak. Apalagi untuk mengubah keputusannya itu.

“Tadi pagi Philipp memberi tahu tentang keputusan itu. Terus terang terlalu cepat, saya pun tak bisa berbicara banyak dengannya,” katanya.

Kemudian Lahm menulis surat terbuka di situs DFB dan mengucapkan berterima kasih pada semua pihak.

“Saya sangat senang dan bersyukur pada akhir karir saya dengan mempersembahkan gelar juara dunia di Brasil,” tulisnya.

Lahm memulai karier di timnas senior Jerman sejak tahun 2004. Selama satu dasawarsa, dia mencatatkan 113 penampilan dengan sumbangan lima gol.

2 dari 3 halaman

Fokus membela Bayern Munchen

Philipp Lahm (c) Ist

Philipp Lahm (c) Ist

Lahm sudah mengambil keputusan. Rupanya dia tak ingin membagi konsentrasi, sehingga Lahm memilih untuk fokus membela Bayern Munchen, klub elite Bundesliga yang sudah menjadi rumahnya sejak berusia 12 tahun.

Meski usianya sudah tidak muda lagi, Lahm tetap menjadi salah satu pilihan Bayern kala itu untuk mengisi lini belakang. Bahkan ia sudah mengemas 500 laga bersama The Bavarians dan angka itu akan terus bertambah mengingat peran sentralnya bersama Munchen yang hampir tidak tersentuh oleh pemain lain.

"Saya tidak memiliki rencana untuk pindah klub lagi. Saya terikat kontrak hingga Juni 2016 dan saya kini fokus untuk dapat bermain maksimal bersama Munchen dan tidak memikirkan hal lain selain itu pada saat ini," tutur Lahm kepada Kicker-Sportmagazin.

3 dari 3 halaman

Muncul Rumor Balik ke Timnas Jerman

Philipp Lahm (c) AFPPhilipp Lahm (c) AFP

Rumor bahwa Lahm siap “turun gunung” ke timnas kerap muncul ke permukaan terutama setelah Jerman tampil kurang memuaskan di kualifikasi Euro 2016. Namun, pemain bertahan Bayern Munchen ini memastikan dirinya akan tidak akan berseragam Der Panzer lagi di masa mendatang.

“Saya tidak akan kembali,” seru Lahm kepada France Football. “Mereka yang mengenal saya paham bahwa ketika saya mengumumkan pensiun, itu adalah keputusan final. Tidak ada cara yang lebih baik untuk pensiun selain menjuarai Piala Dunia dengan mengalahkan Argentina di Maracana.”

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR