Piala Dunia 2010: Mengenang Gol Ikonik Siphiwe Tshabalala

Asad Arifin | 15 Agustus 2022, 14:33
Siphiwe Tshabalala usai mencetak gol pada laga perdana Piala Dunia 2010 (c) FIFA World Cup Twitter
Siphiwe Tshabalala usai mencetak gol pada laga perdana Piala Dunia 2010 (c) FIFA World Cup Twitter

Bola.net - Siphiwe Tshabalala menjadi pahlawan Afrika Selatan di laga perdana mereka di Piala Dunia 2010. Saat itu Tshabalala mencetak satu gol spektakuler kala bertemu Meksiko.

Gol itu Tshabalala menjadi gol pembuka Piala Dunia 2010. Gol itu membuat seluruh stadion yang dipenuhi suporter tuan rumah bergemuruh.

Gol perdana di laga pembuka juga membuat mental para pemain Afrika Selatan meningkat. Namun Meksiko yang datang jauh dari Benua Amerika juga tidak ingin pulang sia-sia. Mereka mampu menyamakan kedudukan melalui Rafael Marquez.

Laga tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. Afrika Selatan sebagai tuan rumah memberikan sinyal bahaya mereka dengan hasil tersebut. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Roket Kaki Kiri Tshabalala

Tshabalala memulai laga perdana Afrika Selatan sebagai starter. Jumpa Meksiko, Tshabalala dipasang sebagai pemain sayap kiri Afrika Selatan.

Bermain tanpa gol di babak pertama, titik cerah baru muncul di menit 55. Skema serangan balik berhasil dimanfaatkan Tshabalala yang berlari kosong di sisi kanan pertahanan Meksiko.

Umpan Kagisho Dikgacoi mampu disambar oleh Tshabalala. Menang beradu sprint, Tshabalala yang mendapat ruang tembak langsung melepaskan tendangan keras kaki kirinya.

Bola hasil sepakan Tshabalala meluncur deras ke pojok kiri gawang Oscar Perez. Gol itu menjadi gol perdana Piala Dunia sekaligus membuat Afrika Selatan memimpin laga dengan skor 1-0.

2 dari 2 halaman

Selebrasi Ikonik

Memainkan laga perdana, Afrika Selatan sukses membuka gol perdana Piala Dunia di hadapan pendukungnya sendiri. Bermain di Soccer City Stadium, Gol Tshabalala membuat seluruh penonton bergemuruh.

Tak sampai situ, Tshabalala dan empat pemain lainnya merayakan gol di pinggir lapangan dengan sebuah tarian kecil. Selebrasi tarian unik dari para pemain timnas Afrika Selatan tersebut menjadi ikon perhelatan Piala Dunia 2010.

Walaupun berakhir imbang 1-1, Tshabalala merasa puas dengan penampilan timnya. Ia juga akan berusaha mencetak gol lagi di laga berikutnya.

“Sisanya, gol atau tidak hanya masalah waktu. Gol akan tercipta lebih banyak lagi,” ucap Tshabalala dikutip dari Goal.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR