Piala Dunia 2010: Ketika 4 Pemain Berbagi Gelar Top Skor

Serafin Unus Pasi | 25 Juli 2022, 19:35
David Villa (c) AFP
David Villa (c) AFP

Bola.net - Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan menuai begitu banyak drama, aksi yang mencengangkan, hingga memunculkan juara dunia baru kala itu, Spanyol. Piala Dunia FIFA 2010 adalah Piala Dunia FIFA ke-19, turnamen sepak bola utama internasional yang diadakan di Afrika Selatan. Piala Dunia pada tahun itu adalah yang pertama kali diadakan di sebuah negara Afrika.

Sebanyak 145 gol tercipta dalam 65 pertandingan di Piala Dunia 2010. Pertandingan antara Portugal melawan Korea Utara menjadi laga dengan banyak gol. Tujuh gol tercipta sekaligus mengantarkan Selecao meraih kemenangan terbesarnya di ajang tersebut.

Memang, di ajang tersebut jarang melahirkan pertandingan yang berakhir tanpa gol. Tercatat, hanya pertandingan Swiss melawan Houndouras, Paraguay melawan Selandia Baru, dan Portugal melawan Brazil yang menghasilkan pertandingan skor kacamata.

Di Piala Dunia tersebut terdapat banyak striker dunia yang sedang dalam performa gemilang. Sebut saja David Villa, Diego Forlan, Cristiano Ronaldo, hingga penyerang yang sedang naik daun kala itu, Thomas Muller.

1 dari 2 halaman

Berbagi Gelar Top Skor

Wesley Sneijder (c) ist

Wesley Sneijder (c) ist

Sama dengan edisi sebelumnya, di Piala Dunia 2010, top skorer pun hanya mampu mencetak lima gol, namun ada empat pemain yang sama-sama mencetak lima gol, yakni David Villa, Diego Forlan, Thomas Muller dan Wesley Sneijder.

Namun akhirnya Muller yang terpilih sebagai pemenang Golden Boot, sementara Wesley Sneijder memenangkan Silver Boot, Bronze Boot kemudian dimenangkan oleh David Villa. Diego Forlan yang juga mencetak lima gol memenangkan Golden Ball atau terpilih sebagai pemain terbaik.

Muller berhak menyandang status top skor Piala Dunia 2010 dan mendapatkan penghargaan Sepatu Emas karena unggul dalam jumlah assist 3. Sementara Villa, Sneijder dan Forlan hanya mencatat masing-masing 1 assist.

2 dari 2 halaman

Panggung Thomas Muller

(c) AFP

(c) AFP

Selain mencatat debut turnamen major, Thomas Muller meraih gelar individu di ajang Piala Dunia sekaligus membuat namanya begitu diperhitungkan di kancah sepak bola.

Disamping menyabet gelar top skor, Muller juga dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2010. Dia meraihnya bersama Giovani dos Santos (Meksiko) dan Andre 'Dede' Ayew (Ghana). Muller menjadi pemain Jerman ketiga yang meraih gelar Pemain Muda Terbaik Piala Dunia setelah Franz Beckenbauer (1966) dan Lukas Podolski (2006).

"Ini juga menunjukkan kualitas yang sangat baik dari pekerjaan pengembangan pemuda kami di Jerman, jadi saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua staf di Bayern Munich dan tim nasional Jerman, dan tim pelatih." katanya.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR