Piala Dunia 2006: Penalti Francesco Totti Pada Menit 90+5 Singkirkan Australia

Serafin Unus Pasi | 29 September 2022, 20:28
Francesco Totti beraksi di Piala Dunia 2006 (c) FIFA
Francesco Totti beraksi di Piala Dunia 2006 (c) FIFA

Bola.net - Timnas Italia mampu tampil meyakinkan di ajang Piala Dunia 2006. Australia menjadi saksi ketangguhan timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman.

Saat itu Australia yang tampil mengejutkan di Fase Grup F harus mengubur mimpi mereka di tangan Italia. Bertemu di babak 16 besar Piala Dunia 2006, Il Nerazzurri mampu menang tipis 1-0 atas Australia.

Australia harus menahan sakitnya kekalahan ini mengingat mereka harus kalah akibat hadiah penalti yang didapatkan Italia. Tidak tanggung-tanggung, Australia harus kecewa dengan gol penalti yang dicetak Francesco Totti di detik-detik akhir sebelum laga usai.

Australia yang terkejut dengan hadiah penalti tersebut harus rela tersingkir secara dramatis. Sementara Italia yang beruntung, mampu finish hingga menjadi juara Piala Dunia 2006.

1 dari 2 halaman

Italia Bermain dengan 10 Pemain

Italia yang tampil menawan di Fase Grup E saat itu diprediksi mampu menang mudah melawan Australia yang bukan tim unggulan. Namun kenyataan nyatanya berkata lain saat menghadapi Australia.

Italia harus kesulitan membobol gawang tim asuhan Guus Hiddink ini. Italia bahkan harus bermain tanpa gol hingga babak pertama usai.

Puncaknya pada menit 50 saat tackle brutal Marco Materazzi diganjar kartu merah oleh wasit Luis Medina Cantalejo. Italia yang bermain dengan 10 pemain semakin sulit untuk mengejar gol melawan Australia.

2 dari 2 halaman

Penalti Kontroversial Italia

Dibalik kesialan yang menimpa Italia dengan keluarnya Marco Materazzi ternyata menyimpan keberuntungan di akhir laga. Fabio Grosso yang masuk ke area kotak penalti harus terjatuh ketika mendapat hadangan dari Lucas Neill.

Wasit saat itu dengan meyakinkan menunjuk titik putih. Hadiah penalti bagi Italia tidak di sia-siakan Francesco Totti sebagai algojo. Italia pu keluar sebagai pemenang dengan gol penalti Totti tersebut.

Namun banyak pihak yang menyayangkan keputusan wasit Luis Medina Cantalejo kala itu. Pelatih Australia, Guus Hiddink mengatakan seharusnya hadiah penalti itu tidak pernah terjadi.

“Jika anda melihat tayangan ulang, saya pikir tidak ada keraguan bahwa itu bukan penalti” ujar Hiddink dikutip dari The Sydney Morning Herald. Hiddink juga merasa bahwa kekalahan tersebut tidak pantas diterima timnya.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR