Piala Dunia 2006: Mengenang Gol Terakhir David Beckham untuk Timnas Inggris

Serafin Unus Pasi | 12 September 2022, 17:41
Aksi David Beckham bersama Timnas Inggris (c) FIFA
Aksi David Beckham bersama Timnas Inggris (c) FIFA

Bola.net - Kapten timnas Inggris, David Beckham mencetak gol sekaligus persembahkan gol terakhirnya untuk The Three Lions di Piala Dunia 2006. Kala itu, tim asuhan Sven-Goran Eriksson bertemu dengan Ekuador di babak 16 besar.

Di atas kertas, Inggris lebih diunggulkan untuk memenangi laga tersebut. Pasalnya, David Beckham dan kolega berhasil melaju ke babak 16 besar dengan predikat menjuarai Grup B dengan raihan tujuh poin dari dua kali menang dan satu laga imbang.

Namun, dalam pertandingan itu kedua tim justru bermain alot dengan bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya lahir di babak kedua lewat aksi brilian dari David Beckham pada menit ke-60.

Beckham berhasil ciptakan gol ke gawang timnas Ekuador yang dikawal Cristian Mora melalui khasnya dengan tendangan bebas kaki kanannya. Eks AC Milan itu, melepas tendangan melengkung dari jarak sekitar 35 meter di sisi kiri. Berkatnya, Inggris berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 dan melenggang ke babak perempat final Piala Dunia 2006 dan berhadapan timnas Portugal..

1 dari 2 halaman

Tersingkir dari Babak 16 Besar

Berbekal skuad mentereng seperti John Terry, Rio Ferdinand, Steven Gerrard, David Beckham, Frank Lampard, hingga Wayne Rooney, timnas Inggris gagal menjawab ekspektasi publik dengan terhenti di babak 16 besar.

The Three Lions kalah secara menyakitkan dari Portugal lewat babak adu penalti. 3 dari 4 penendang penalti Inggris gagal melesakkan bola. Performa Ricardo, kiper timnas Portugal kala itu tampil begitu gemilang.

Owen Hargreaves menjadi satu-satunya penendang Inggris yang mampu menaklukkan Ricardo. Hingga akhirnya tendangan Cristiano Ronaldo di tendangan ke-5 membuat Inggris tersingkir.

2 dari 2 halaman

Piala Dunia 2006 Ajang Terakhir

Beckham pun sudah menyebutkan jelang keberatannya ke Jerman, kalau ajang Piala Dunia 2006 akan menjadi ajang terakhir yang ia ikuti bersama Inggris.

"Mungkin kaki saya masih kuat dipakai bermain hingga beberapa tahun kedepan, namun itu (Piala Dunia 2006) tampaknya akan menjadi kesempatan terakhir saya untuk memenangkan Piala Dunia," ucap Beckham seperti dikutip AFP.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR