Pernyataan Resmi PSSI Terkait Kelolosan Israel ke Piala Dunia U-20 2023

Ari Prayoga | 27 Juni 2022, 15:15
Logo PSSI (c) Bola.com/Dody Iryawan
Logo PSSI (c) Bola.com/Dody Iryawan

Bola.net - PSSI merilis pernyataan resmi terkait keberhasilan Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Induk sepak bola di Tanah Air itu memastikan bakal mengakomodasi Israel.

Lolosnya Israel memang dikhawatirkan menjadi polemik bagi Indonesia selaku tuan rumah. Sebab, Indonesia tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Selain itu, Indonesia juga selama ini dikenal sebagai salah satu negara yang mendukung Palestina dalam konflik dengan Israel. Namun bagi PSSI, itu merupakan urusan politik dan tidak berkaitan dengan sepak bola.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang lolos bisa datang," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, disadur dari laman PSSI, Senin (27/6/2022).

"Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2 halaman

Menpora Jamin Israel Bisa Main di Indonesia

Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan bahwa potensi Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 sudah dibahas sejak tiga tahun lalu. Ia juga menekankan kalau persoalan politik dan sepak bola adalah dua hal yang harus dibedakan

"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain," tutur Menpora.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah."

"Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," tutur menteri asal Gorontalo ini.

2 dari 2 halaman

Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023

FIFA (c) AFP

FIFA (c) AFP

Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 lewat jalur Piala Eropa U-19 2022. Israel merupakan salah satu semifinalis di ajang tersebut.

Israel lolos ke semifinal meski di laga terakhir Grup B kalah dari Inggris. Israel tetap jadi runner-up grup karena di pertandingan lainnya Serbia yang bisa menyamai poin Israel justru dikalahkan Austria.

Selain Israel dan Inggris, dua tim lain dari Eropa yang mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-20 2023 adalah Prancis dan Italia yang menjadi juara dan runner-up Grup B. Satu tempat tersisa dari zona Eropa akan didapat tim pemenang laga play off antara Slovakia dan Austria.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR