Perkiraan Starting XI Inggris vs Iran: Maguire dan Sterling Starter, Alexander-Arnold Cadangan

Ari Prayoga | 21 November 2022, 13:05
Perkiraan Starting XI Inggris vs Iran: Maguire dan Sterling Starter, Alexander-Arnold Cadangan
Piala Dunia 2022: Harry Maguire (tengah) di sesi latihan Inggris jelang laga Grup B kontra Iran (c) AP Photo/Abbie Parr

Bola.net - Inggris akan mengawali petualangan mereka di Piala Dunia 2022 dengan menghadapi wakil Asia, Iran di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Senin (21/11/2022) malam WIB nanti.

Pesta bola dunia empat tahun sekali ini bisa disaksikan secara eksklusif di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Vidio, dan Nex Parabola.

Inggris datang ke Piala Dunia 2022 dengan membawa modal kurang meyakinkan. The Three Lions tak bisa menang dalam enam laga terakhir yang mereka lakoni di UEFA Nations League.

Di sisi lain, Iran justru memiliki modal cukup impresif menjemput Piala Dunia 2022. Tim Melli tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir, semuanya pertandingan persahabatan.

Bagaimana starting XI Inggris racikan Gareth Southgate untuk laga ini? Berikut prediksi selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Kiper

Penjaga gawang Inggris, Jordan Pickford (c) Pool AFP via AP Photo

Penjaga gawang Inggris, Jordan Pickford (c) Pool AFP via AP Photo

Sejak era kepelatihan Southgate, gawang Inggris kerap dijaga oleh Jordan Pickford. Di Piala Dunia 2022 ini, status Pickford sebagai kiper utama Inggris sepertinya belum tergoyahkan.

Posisi Pickford sejatinya sempar digoyang menyusul performa buruknya bersama Everton di Premier League musim ini.

Di sisi lain, dua kiper Inggris lainnya, Aaron Ramsdale dan Nick Pope tengah gemilang di klubnya masing-masing, Arsenal dan Newcastle.

Meski demikian, Pickford kemungkinan besar masih akan menjadi andalan Southgate di bawah mistar gawang Inggris.

2 dari 6 halaman

Belakang

Piala Dunia 2022: Sesi latihan Timnas Inggris (c) AP Photo/Abbie Parr

Piala Dunia 2022: Sesi latihan Timnas Inggris (c) AP Photo/Abbie Parr

Pada gelaran Euro 2020 kemarin, Southgate identik dengan formasi 4-3-3, meski pada akhirnya sempat berganti menjadi 3-4-3 dan 3-5-2 bergantung pada lawan yang dihadapi.

Kini, formasi empat bek sejajar sepertinya akan kembali menjadi andalan Southgate, dengan Trippier masih menjadi pilihan utama di sektor bek kanan mengalahkan Trent Alexander-Arnold.

Sementara itu, Southgate kemungkinan besar tetap akan memainkan Harry Maguire sebagai starter meski kini di Manchester United ia hanya berstatus sebagai pemain cadangan.

Dua nama lainnya di lini belakang Inggris nanti adalah John Stones di pos bek tengah dan Luke Shaw di sektor bek kiri.

3 dari 6 halaman

Tengah

Pemain Inggris, Jude Bellingham dan Harry Kane (c) AP Photo

Pemain Inggris, Jude Bellingham dan Harry Kane (c) AP Photo

Untuk lini tengah, Southgate tak bakal bisa memainkan Kalvin Philips yang jadi andalannya di Euro 2020 lalu. Meski demikian, Declan Rice kini bisa tampil sejak awal.

Sementara itu, Jude Bellingham diyakini bakal dipasang sebagai starter. Bellingham digadang-gadang menjadi bintang muda yang bisa menunjukkan sinarnya pada Piala Dunia kali ini.

Satu nama lainnya sepertinya bakal menjadi milik Mason Mount. Gelandang Chelsea itu menjadi salah satu pemain Inggris dengan performa paling stabil di musim ini.

4 dari 6 halaman

Depan

Harry Kane dan pemain Timnas Inggris tiba di Qatar untuk memainkan Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Harry Kane dan pemain Timnas Inggris tiba di Qatar untuk memainkan Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Harry Kane dipastikan sekali lagi bakal menjadi andalan Inggris untuk membobol gawang lawan. Berstatus kapten tim, Kane memiliki tugas besar untuk memimpin timnya di Piala Dunia ini.

Untuk sektor penyerang sayap kanan, Bukayo Saka sepertinya akan menjadi pilihan Southgate. Saka memang tampil apik bersama Arsenal di musim ini.

Satu nama lainnya di sektor kiri adalah Raheem Sterling. Pilihan Southgate terbilang mengejutkan jika melihat performa Sterling yang masih naik turun sejak pindah dari Manchester City ke Chelsea.

5 dari 6 halaman

Perkiraan Starting XI Inggris

 (c) Bola.net (c) Bola.net

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR